//

MANAJEMEN RANTAI PASOK AYAM BROILER PADA PT. ACEH UNGGAS MANDIRI PEUKAN BILUY KECAMATAN DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAUZATUL JANNAH - Personal Name
SubjectANIMAL HUSBANDRY
CHICKENS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

RAUZATUL JANNAH. 1405002010001. MANAJEMEN RANTAI PASOK AYAM BROILER PADA PT. ACEH UNGGAS MANDIRI PEUKAN BILUY KECAMATAN DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR MMA. RINGKASAN Ayam broiler merupakan ayam yang memiliki sifat tenang, pertumbuhan cepat, berbentuk tubuh besar, bulu merapat ke tubuh, kulit putih, dan produksi telur rendah. Selanjutnya dijelaskan oleh Siregar et al, 1980 bahwa ayam broiler termasuk kedalam klasifikasi ekonomi yang bersifat: ukuran badan besar, daging penuh dan berlemak, sikap tenang, pertumbuhan badan cepat, serta efisiensi ransum tinggi. Ayam broiler ini biasanya dijual dengan bobot badan rata-rata 1,31,5 kg/ekor dan hal tersebut tergantung pada efisiensi setiap perusahaan. PT. Aceh Unggas Mandiri Peukan Biluy terletak di Kecamatan Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar merupakan perusahaan yang bergerak di bidang peternakan ayam broiler. PT. Aceh Unggas Mandiri memiliki luas lahan ± 10.000 m 2 , berada pada ketinggian ± 300 m diatas permukaan laut. Perusahaan ini melakukan pemberian pakan secara teratur sesuai jadwal yang telah ditetapkan, dilakukan pula pengecekan pakan dan air minum, serta pada siang hari dilakukan pengecekan suhu kandang dan mematikan lampu agar ayam tetap tenang. Tujuan tugas akhir yaitu untuk mengetahui manajemen rantai pasok ayam broiler pada PT. Aceh Unggas Mandiri, serta agar mengetahui bagaimana aliran rantai pasok ayam broiler pada perusahaan tersebut dan juga aliran harga jual ayam yang terdapat pada PT. Aceh Unggas Mandiri Peukan Biluy Kecamatan Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah studi kasus pemasaran ayam broiler, sedangkan data sekunder diperoleh dari bacaan buku, literatur-literatur, dan instansi terkait yang berhubungan dengan Tugas Akhir ini. Hasil Tugas Akhir ini menunjukkan hasil usaha ayam ayam broiler dengan jumlah 5.500-3% Margin pemasaran ditingkat pedagang pengumpul adalah Rp.5.000/Kg dan ditingkat pedagang besar yaitu Rp.6.000/Kg, sedangkan pedagang pengecer memperoleh margin pemasaran Rp.1.500/Kg. Serta profit margin yang didapatkan oleh masing-masing pedagang ialah: pedagang pengumpul Rp.4.300/kg, pedagang besar Rp.5.200/Kg, dan pedagang pengecer Rp.1.050/Kg. Perbedaan margin pemasaran dan profit margin yang diperoleh oleh setiap anggota rantai pasok ayam broiler, hal ini disebabkan karena berbeda-beda jumlah biaya transportasi pada saat distribusi ayam broiler yang dikeluarkan oleh masing-masing anggota rantai pasok ayam broiler tersebut.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEMASARAN AYAM BROILER PADA PT ACEH UNGGAS MANDIRI DENGAN POLA KEMITRAAN INTI PLASMA DI PEUKAN BILUY KECAMATAN DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR (FAIZAH RAINI, 2018)

MANAJEMEN PEMBERIAN PAKAN AYAM BROILER PADA PT. ACEH UNGGAS MANDIRI PEUKAN BILUY KECAMATAN DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR (ARY ARDIANSYAH, 2018)

ANALISIS PELAKSANAAN KEMITRAAN DAN PENDAPATAN PETERNAK MITRA AYAM BROILER PADA PT ACEH UNGGGAS MANDIRI DI PEUKAN BILUY KECAMATAN DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR (ERY ROVIANTO, 2018)

PENILAIAN PENERAPAN ANIMAL WELFARE PADA USAHA PEMOTONGAN UNGGAS DI KABUPATEN ACEH BESAR (Ike Nurjannah, 2017)

SEJARAH PERTERNAKAN AYAM BOILER DI KABUPATEN ACEH BESAR 1995-2016 (Mirza Saputra, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy