//

PERFORMANSI MORFO-AGRONOMIS PADA PADI (ORYZA SATIVA L.) GALUR MUTAN GENERASI (M4) HASIL IRADIASI SINAR GAMMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ria Kurnia - Personal Name

Abstrak/Catatan

RINGKASAN RIA KURNIA. Performansi morfo-agronomis pada padi galur mutan generasi (M4) hasil iradiasi sinar gamma dibawah bimbingan Efendi sebagai pembimbing ketua dan Halimursyadah sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengakarakterisasi sifat-sifat morfo-agronomis galur mutan generasi M4 hasil radiasi sinar gamma dari varietas lokal Aceh yaitu Sambei simeulu. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaaan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh. Penelitian ini berlangsung pada bulan Agustus sampai dengan November 2017. Tanaman padi ditanam dalam suatu lahan dengan jenis tanah entisol dan menggunakan pupuk organik berupa pupuk kandang siberikan seminggu sebelum tanam dan pupuk kimia berupa NPK dengan cara di tebar diberikan pada saat umur tanaman 30 Hari Setelah Tanam (HST). Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial. Terdiri dari 16 galur sebagai perlakuan dan terdiri 3 kelompok sebagai ulangan. Masing-masing unit perlakuan diambil sampel sebanyak 5 individu tanaman. Peubah yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah anakan, umur padi berbunga, jumlah malai per rumpun, panjang malai, berat malai per rumpun, persentase gabah bernas per rumpun, persentase gabah hampa per rumpun, berat 1000 butir, indeks panen dan potensi hasil. Hasil penelitian menunjukkan genotipe padi mutan generasi M4 berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman yang diamati berdasarkan peubah tinggi tanaman umur 30, 60, 90 HST,umur tanaman berbunga dan pada saat panen jumlah malai per rumpun, panjang malai, berat bernas, berat 1000 butir, indeks panen dan potensi hasil. Galur padi mutan menunjukkan pertumbuhan hasil yang berbeda dengan tanaman induknya sambay. Galur Unsyiah 11 (UF5) menunjukkan genotipe dengan potensi hasil yang lenih tinggi dibandingkan dengan denga genotipe induk dan genotipe lainnya. Berdasarkan hasil radiasi sinar gamma M4 menunjukkan adanya perbedaan nilai antar tanaman induk sambay dengan galur lainnya. Kata Kunci : padi, mutasi, pertumbuhan dan produksi tanaman, radiasi sinar gamma.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERUBAHAN MORFO-AGRONOMIS TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) PADA KONDISI KEKERINGAN (Risdayanti, 2016)

PENINGKATAN KUALITAS BERAS (ORYZA SATIVA L.) HASIL IRADIASI SINAR GAMMA PADA GENOTIPE M6 (Rahmi Aurya Bella, 2018)

UJI POTENSI HASIL DAN SIFAT FISIKOKIMIA PADI (ORYZA SATIVA L.) MUTAN M3HASIL IRADIASI SINAR GAMMA (Dara Maulina, 2017)

UJI VIABILITAS DAN VIGOR BENIH SERTA PERFORMANSI PADA FASE VEGETATIF TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) LOKAL ACEH HASIL IRADIASI SINAR GAMMA YANG DIBUDIDAYAKAN SECARA ORGANIK (Wira Alamsyah, 2016)

KUALITAS SIFAT FISIK DAN KIMIA BERAS LOKAL ACEH (ORYZA SATIVA L.) GENOTIPE M5 HASIL IRADIASI SINAR GAMMA. (Firdaus, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy