//

EFIKASI BEBERAPA JENIS SERBUK NABATI SEBAGAI INSEKTISIDA TERHADAP HAMA SITOPHILUS ZEAMAIS MOTSCH PADA JAGUNG DI PENYIMPANAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dinda Arina Putri - Personal Name
SubjectPLANTS-DESEASES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Dinda Arina Putri. 1305101050045. Efikasi Beberapa Jenis Serbuk Nabati Sebagai Insektisida Terhadap Hama Sitophilus zeamais pada Jagung di Penyimpanan di bawah bimbingan Alfian Rusdy sebagai ketua dan Muhammad Sayuthi sebagai anggota. RINGKASAN Tanaman jagung (Zea mays) umumnya bisa diolah setiap bagian-bagiannya, salah satunya biji jagung yang dipipil. Jagung disimpan dalam waktu yang lama sehingga dalam penyimpanan masih banyak masalah yang harus dihadapi, salah terutama serangan hama gudang. Hama menyerang jagung karena mempunyai faktor yaitu sebagai makanan utama dan tempat hidup hama. Salah satu hama yang terdapat pada biji jagung adalah Hama Kutu Jagung (Sitophilus zeamais). Kutu jagung dikatakan hama karena tingkat populasinya yang banyak dan dapat merugikan. Hama tersebut merusak biji dengan melubangi biji sebagai tempat meletakkan telur, berkembangbiak dan memakan isi biji sampai menyebabkan biji rusak dan tidak dapat digukan lagi. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian mengenai bagaimana cara mengendalikan hama jagung dengan cara yang alami sehingga tidak merusak alam dan pakan ternak. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Hama Tumbuhan Program Studi Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Unsyiah Banda Aceh. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai Februari 2018. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal yang terdiri atas 4 perlakuan serbuk nabati yaitu serbuk bunga cengkeh, daun mimba, daun sirsak dan daun babadotan. Setiap perlakuan diulang sebanyak 6 kali sehingga diperoleh 24 satuan unit percobaan. Parameter yang diamati terdiri dari persentase daya repelensi, persentase mortalitas imago, lama imago muncul, jumlah imago dan persentase kerusakan biji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan serbuk nabati paling efektif pada pengamatan daya repelensi dijumpai pada serbuk bunga cengkeh dengan persentase 98,33% 2 jam setelah aplikasi. Pengamatan mortalitas pada serbuk bunga cengkeh dengan persentase 85,00% HSA. Pengamatan lama imago muncul paling lama terdapat pada serbuk bunga cengkeh dengan rata-rata 9,17%, imago muncul pada hari ke-55 setelah aplikasi. Jumlah imago muncul paling sedikit terdapat pada serbuk bunga cengkeh dengan rata-rata 0,33 (2) ekor dan persentase kerusakan biji terendah terdapat pada perlakuan serbuk cengkeh yaitu 2,35%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFIKASI BEBERAPA SERBUK NABATI SEBAGAI BIOINSEKTISIDA TERHADAP HAMA SITOPHILUS ZEAMAISMOTSCH. PADA JAGUNG DI PENYIMPANAN (Salasiah, 2017)

PENGARUH CAMPURAN SERBUK DAUN BABADOTAN DAN SERBUK DAUN SIRSAK TERHADAP MORTALITAS SERTA PERKEMBANGAN SITOPHILUS ZEAMAIS PADA JAGUNG DI PENYIMPANAN (Fitri Yanti, 2017)

PENGARUH EKSTRAK DAUN MAHONI (SWITENIA MACROPHYLLA KING) TERHADAP MORTALITAS PADA HAMA KUTU BERAS (SITOPHILUS ORYZAE L.) (Fira Tasuti, 2017)

BIOAKTIVITAS BEBERAPA SERBUK NABATI TERHADAP SERANGGA TRIBOLIUM CASTANEUM (HERBST.) PADA BIJI JAGUNG PECAH DI LABORATORIUM (Nailul Pitri, 2017)

KEEFEKTIFAN CAMPURAN SERBUK PALA DAN LADA HITAM TERHADAP MORTALITAS SITOPHILUS ORYZAE DI PENYIMPANAN (aris afandi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy