//

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA)PADA PERKULIAHAN BOTANI TUMBUHAN RENDAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MULYADI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODE
REASONING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mulyadi, Penggunaan Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) pada Perkuliahan Botani Tumbuhan Rendah terhadap Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan model pembelajaran Reading Questioning and Answering terhadap kemampuan berpikir, hasil belajar kognitif, dan mengetahui tanggapan mahasiswa pada perkuliahan Botani Tumbuhan rendah. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan Pretest-postest Control Group Design. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester empat pada Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry berjumlah 58 orang. Model pembelajaran kelas eksperimen ditempuh melalui pembelajaran berbasis model RQA, sedangkan kelas kontrol melalui pembelajaran konvensional. Tes kemampuan berpikir menggunakan rubrik standar dan tes hasil belajar kognitif menggunakan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kearah berpikir tingkat tinggi pada mahasiswa yang dibelajarkan melalui model RQA. Hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan melalui model RQA terjadi peningkatan pada taraf signifikansi p > 0,05 . Tanggapan positif mahasiswa untuk alternatif ya sebesar 82,1% (tinggi), ragu 9,2% (sangat rendah) dan tidak 8,4% (sangat rendah). Dengan demikian penerapan model RQA dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar kognitif mahasiswa pada perkuliahan Botani Tumbuhan Rendah. Kata Kunci: Reading, Questioning and Answering, Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Kognitif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN MODEL READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH BOTANI TUMBUHAN TINGGI (CUT FAJAR AFRIDAYANTI, 2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI MAN KOTA BANDA ACEH (ERNA DIANA, 2017)

KELAYAKAN JENIS TUMBUHAN PAKU DI KEDAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BOTANI TUMBUHAN RENDAH (Marni Riski Yanti, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REASONING AND PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 1 TAMIANG HULU KABUPATEN ACEH TAMIANG (Ruasniati, 2013)

THE USE OF PRE-QUESTIONING STRATEGY IN TEACHING READING COMPREHENSION(AN EXPERIMENTAL STUDY AT IAIN AR-RANIRY BANDA ACEH) (Rusmiati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy