//

PENGARUH DOSIS PUPUK GUANO DAN NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Agus Maulidani - Personal Name
SubjectORGANIC FERTILIZERS
TOMATO PLANTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Tanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) merupakan tanaman yang mempunyai rasa yang unik, yakni perpaduan rasa manis dan asam. Tomat juga banyak digunakan hampir disemua masakan, bahan baku industri makanan dan kosmetik. Tomat juga bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan karena mengandung gizi yang lengkap dan bermanfaat buat kesehatan. Para petani banyak menggunakan bahan kimia sebagai penyelesaian dari beberapa masalah budidaya tanaman tomat, yang pada dasarnya penggunaan bahan kimia secara berlebihan pada budidaya tanaman dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan yang akan berefek kepada rendahnya produktifitas tomat. Alternatif yang dapat diterapkan untuk permasalahan tersebut adalah penggunaan bahan organik seperti pupuk guano, dan juga perlu penggunaan pupuk NPK dengan dosis yang tepat untuk menunjang hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk guano, dan NPK, serta nyata tidaknya interaksi antara keduanya terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman tomat. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Lamdom, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh, yang telah berlangsung dari bulan Januari hingga April 2018. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok pola faktorial 4x3 dengan 3 ulangan. Faktor yang diteliti yaitu faktor dosis pupuk guano yang terdiri dari 4 taraf yaitu tanpa pupuk guano, 4, 8, dan 12 ton ha-1. Faktor kedua yaitu dosis pupuk NPK terdiri atas 3 taraf yaitu tanpa pupuk NPK, 250 dan 500 kg ha-1. Adapun parameter yang diamati adalah tinggi tanaman dan diameter pangkal batang umur 15, 30, dan 45 hari setelah pindah tanam (HSPT), jumlah buah pertandan, jumlah buah pertanaman, jumlah tandan pertanaman, berat buat tomat pertanaman, dan diameter buah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan dan produksi tanaman tomat yang lebih baik dijumpai pada perlakuan dosis pupuk guano 12 ton ha-1. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pertumbuhan dan produksi tanaman tomat yang lebih baik dijumpai pada perlakuan dosis pupuk NPK 250 kg ha-1. Kombinasi terbaik antara keduanya terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman tomat terdapat pada perlakuan dosis pupuk guano 12 ton ha-1 dengan dosis pupuk NPK 250 kg ha-1.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH DOSIS PUPUK GUANO DAN NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (Agus Maulidani, 2018)

PENGARUH PUPUK PHONSKA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (Fitria Ulfah, 2014)

PENGARUH DOSIS PUPUK GUANO TERHADAP PETUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM L.) (RIFKY INDRA, 2019)

PENGARUH KOMBINASI MEDIA TANAM DAN VARIETAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL) SECARA HIDROPONIK SUBSTRAT (Mega Marzarina , 2016)

: EFEKTIVITAS RIZOBAKTERI KANDIDAT AGENS BIOKONTROL TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN KOLONI PHYTHIUM SP SERTA PENGARUHNYA TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR DUA VARIETAS BENIH TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (Annisa Humaira, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy