//

ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN JASA IKLAN TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN USAHA (STUDI KASUS PADA PENGIKLAN DI OZ RADIO BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ARIEF RACHMAN HAKIM - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Iklan sebagai salah satu komponen penting dalam pemasaran yang mampu menarik perhatian terhadap suatu produk dan mendekatkan produk terhadap calon konsumen. Selain itu juga iklan juga berguna untuk memperkuat produk dan mempertahankan loyalitas konsumen. Hal ini sangat disadari oleh banyak perusahaan, sehingga perusahaan-perusahaan tersebut tidak ragu untuk menggunakan jasa iklan sebagai media memperkuat kepercayaan konsumen, dan memperkuat citra perusahaan. Penggunaan iklan tidak hanya digunakan sebatas untuk mengenalkan suatu produk saja tapi lebih luas lagi dari berbagai aspek kehidupan, hal-hal tersebut seperti undangan, sosialisasi pelayanan masyarakat, sosialsisasi program pembangunan, berita duka dan sebagainya. Banyak media yang dapat dilakukan untuk beriklan, dan salah satunya adalah radio. Radio masih menjadi salah satu media yang memiliki segmentasi pasar tertentu dan dapat diakses oleh penggunanya dengan sangat mudah. Berdasarkan suatu survey yang dilakukan oleh Nielsen (2016) menyatakan bahwa peranan radio sebagai informsi berada pada posisi keempat yaitu 38% setelah televisi (98%) media cetak (52%), dan internet (40%). Akan tetapi banyak anggapan bahwa radio sudah ditinggalkan dan tidak akan ada dampak yang berarti apabila menggunakan jasa radio sebagai media iklan. Padahal kenyataannya belanja iklan diradio di Indonesia sepanjang bulan januari-juli 2017 adalah 100 Milyar perbulannya. Angka ini cukup besar dan dapat dilihat memang iklan diradio masih menjadi salah satu teknik beriklan yang diperhitungkan dan memang iklan radio yang justru bersifat lokal dan lucu yang menjadi daya tarik bagi pendengarnya. Tujuan penelitain ini adalah untuk memberikan bukti bahwa iklan di radio masih memberikan pengaruh terhadap suatu usaha dengan melihat pendapatan usaha tersebut sebelum dan sesudah menggunakan jasa iklan radio. Penelitian ini dilakukan di Kota Banda Aceh dan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan uji-T sebagai uji untuk melihat pengaruh atau perubahannya. Hasil dari penelitian ini adalah adanya perubahan pendapatan yang signifikan pada 7 usaha yang diteliti yang mana usaha-usaha tersebut menggunakan radio sebagai media iklan. Pengaruh iklan paling besar didapatkan oleh usaha Rocket yang mana merupakan jenis usaha fashion/clothing line. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pendapatan usaha ini, pendapatan rata-rata sebelum beriklan adalah sebesar Rp.13.370.000 dan pendapatan rata-rata setelah beriklan adalah sebesar Rp.29.377.500 dengan persentase peningkatan adalah sebesar 119% dan dengan hasil perhitungan menggunakan statistik uji t didapat nilai thitung

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM IKLAN RADIO MEUGAH 95.3 FM BANDA ACEH (IRAHUL AFDAR, 2015)

AKUNTANSI PENDAPATAN JASA SIARAN DAN JASA NON SIARAN PADA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA BANDA ACEH (ALFITRA, 2014)

CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM IKLAN BERBAHASA ACEH PADA SIARAN RADIO DI BANDA ACEH (Asmaita, 2013)

PELAKSANAAN PERJANJIAN PENYIARAN IKLAN MELALUI RADIO DI KOTA BANDA ACEH (ICHWAN MOEHAMMAD, 2016)

PENYELESAIAN SENGKETA WANPRESTASI PADA PERJANJIAN PEMASANGAN IKLAN DI RADIO (SUATU PENELITIAN PADA RADIO SERAMBI FM, OZ RADIO DAN RADIO RRI) (PAHLEVI AKBARINA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy