//

PENDUGAAN NILAI HERITABILITAS KARAKTER TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) GENERASI F2

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALIYUL QADRI - Personal Name
SubjectRICE - FOOD CROP
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Pendugaan Nilai Heritabilitas Karakter Agronomi Tanaman Padi (Oryza sativa L) Generasi F2 Estimating the Heritability Value of Rice Crop Character (Oryza sativa L) Generation F2 Abstrak. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan informasi tingkat heritabilitas tanaman padi generasi F2 hasil persilangan varietas Batutegi dangan IRBB-27. Penelitian ini dilaksanakan di rumah kaca Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh. Pelaksanaan penelitian dimulai dari April sampai September 2017. Pendugaan nilai heritabilitas pada penelitian ini menggunakan pendugaan ragam lingkungan tidak langsung metode Mahmud-Kramer (Broad sense-per tanaman). Pendugaan nilai heritabilitas ini menggunakan data populasi P1, P2, dan F2. P1 dan P2 merupakan galur murni, sedangkan F2 merupakan turunan kedua dari persilangan P1 dan P2. Ragam fenotipe (σ2P) diduga dari σ2F2. Ragam lingkungan (σ2E) diduga dari √(σ2P1)(σ2P2). Pada karakter tinggi tanaman, jumlah malai, berat malai, berat 1000 butir, umur paner, dan potensi hasil memiliki nilai heritabilitas 92%, 55%, 51%, 89%, 64% dan 60% dengan kriteria tinggi. Sedangkan karakter panjang malai, dan persentase gabah bernas, memiliki nilai heritabilitas 29% dan 33% dengan kriteria sedang. Kata kunci : Padi, Persilangan, Varietas, Heritabilitas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EKSPLORASI BAKTERI ENDOFIT SEBAGAI PENGHASIL HORMON IAA DARI AKAR TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) (PUTRIANI, 2019)

PARAMETER GENETIK BEBERAPA VARIETAS PADI (ORYZA SATIVA L.) PADA KONDISI MEDIA BERBEDA (FITRAH RAMADHAN, 2014)

EFEK PAPARAN LOGAM BERAT TIMBAL (PB) TERHADAP KADAR KLOROFIL DAN STRUKTUR ANATOMI TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) (CHAIRUNNISA, 2018)

PERUBAHAN MORFO-AGRONOMIS TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) PADA KONDISI KEKERINGAN (Risdayanti, 2016)

UJI ADAPTASI DAN KARAKTERISTIK IKLIM MIKRO BEBERAPA VARIETAS PADI GOGO (ORYZA SATIVA L.) (Ahmad Ema Farma, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy