//

DAMPAK ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH TERHADAP KONDISI SOISAL EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yasfir Maarif - Personal Name

Abstrak/Catatan

Yasfir Ma’arif. 1105102010084. Dampak Alih Fungsi Lahan Sawah Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar di bawah bimbingan Ibu Dr. Ir. Safrida, M.Si sebagai pembimbing utama dan Bapak Ir. T. Fauzi, M. Agr selaku pembimbing anggota. ABSTRAK Pertumbuhan penduduk dan dinamika pembangunan telah menggeser pemanfaatan lahan yang akhirnya menimbulkan kompleksitas permasalahan lahan yang semula berfungsi sebagai media bercocok tanam (pertanian), berangsur-angsur berubah menjadi multifungsi pemanfaatan. Berubahnya pemanfaatan lahan pertanian ke non pertanian dapat disebut juga sebagai alih fungsi lahan. Kebutuhan lahan untuk kegiatan nonpertanian, seperti yang digunakan untuk bangunan, industri, perumahan dan sebagainya cenderung terus meningkat. Kecenderungan tersebut menyebabkan alih fungsi lahan pertanian sulit dihindari. Beberapa kasus menunjukkan jika di suatu lokasi terjadi alih fungsi lahan, maka dalam waktu yang tidak lama lahan di sekitarnya juga beralih fungsi secara progresif. Alih fungsi lahan atau lazimnya disebut sebagai konversi lahan adalah perubahan fungsi sebagian atau seluruh kawasan lahan dari fungsinya semula (seperti yang direncanakan) menjadi fungsi lain yang berdampak negatif (masalah) terhadap lingkungan dan potensi lahan itu sendiri. Kabupaten Aceh Besar adalah salah satu kabupaten yang terus menghadapi permasalahan alih fungsi lahan, khususnya lahan sawah. Alih fungsi lahan ini mengakibatkan luas lahan sawah di Aceh Besar terus menurun. Lahan yang paling banyak mengalami alih fungsi lahan adalah jenis lahan sawah yang menjadi lahan non pertanian. Untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya alih fungsi lahan, maka digunakan analisis regresi linear berganda. Untuk menguji dampak sosial dan ekonomi digunakan metode analisis deskriptif-kualitatif. Fokusnya adalah dampak kondisi sosial ekonomi serta faktor faktor yang menyebabkan terjadinya alih fungsi lahan sawah. Berdasarkan hasil regresi secara parsial dari analisis regresi faktor harga jual, kebutuhan hidup dan kondisi lahan berpengaruh nyata terhadap konversi lahan sawah di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Bedasarkan hasil regresi secara serempak dari hasil regresi didapatkan bahwa harga jual, kebutuhan hidup dan kondisi lahan secara serempak mempengaruhi konversi lahan sawah di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Berdasarkan isu dampak sosial sebagai akibat alih fungsi lahan di lihat dari keinginan kondisi lama, meningkatkan rasa kerjasama dan kekeluargaan, serta kemampuan memenuhi kebutuhan keluarga mendapatkan hasil yang positif dengan nilai ≥ 50%. Berdasarkan isu dampak ekonomi sebagai akibat alih fungsi lahan di lihat dari peningkatan pendapatan mendapatkan hasil yang positif dengan nilai ≥ 50%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH MENJADI LAHAN NON PERTANIAN DI KECAMATAN TANGSE KABUPATEN PIDIE (EKY SULAIKA, 2016)

PEMETAAN ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (khairunnas, 2016)

ANALISIS PERUBAHAN LAHAN SAWAH DAN PEMANFAATAN LAHAN BERDASARKAN TATA RUANG DI KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (chairi akmal, 2016)

ANALISIS DAMPAK ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN SAWAH TERHADAP PENDAPATAN DAN SISTEM KEHIDUPAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (PUTRI IVONI, 2018)

ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH KE PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN TRUMON KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN 2005-2014 (Rifchi Anggari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy