//

PENGGUNAAN PETA KONSEP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 15 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sejahtera Ali - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Peta Konsep, Model Pembelajaran Advance Organizer, Segi Empat Materi matematika yang disajikan guru seringkali menyulitkan siswa dalam memahaminya. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses pemahaman siswa tersebut, misalnya pola materi yang disampaikan guru tidak melalui langkah yang terstruktur. Seringkali siswa belum memahami suatu materi diakibatkan ketidakpahamannya dalam materi penunjang sebelumnya. Untuk itu siswa harus dibiasakan mendapatkan materi matematika yang sistematis dan terstruktur, serta diperlukan suatu cara yang tepat untuk membangun pemahaman yang baik pada siswa, salah satunya pembelajaran dengan menggunakan peta konsep melalui model pembelajaran Advance Organizer. Berdasarkan latar belakang tersebut, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan peta konsep melalui model pembelajaran advance organizer pada materi segi empat di kelas VIl SMP Negeri 15 Banda Aceh mencapai taraf berhasil? dan bagaimana kemampuan siswa membuat peta konsep melalui model pembelajaran advance organizer pada materi segi empat? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan kemampuan siswa dalam membuat peta konsep dengan menggunakan peta konsep melalui model pembelajaran advance organizer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan desain The one shot case study (studi kasus satu tembakan). Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-I SMP Negeri 15 Banda Aceh. Data penelitian ini diperoleh dari hasil belajar dan peta konsep yang dibuat oleh siswa. Data diolah dengan menggunakan satistik uji-t pihak kanan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Setelah data diolah, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan peta konsep melalui model pembelajaran advance organizer pada materi segi empat di kelas VII SMP Negeri I5 Banda Aceh tahun ajaran 2012/2013 mencapapai taraf berhasil dan kemampuan siswa dalam membuat peta konsep termasuk ke dalam kategori sedang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 15 BANDA ACEH (Reraliza Ulika Aulia, 2015)

KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN PETA KONSEP SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER (SAMSUL BAHRI, 2015)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN PETA KONSEP PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SD NEGERI 20 BANDA ACEH (Suryani, 2014)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TAPAKTUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Fauzi, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD RNPADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMPN 2 RNBANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (Aiya Maghfirah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy