//

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI MAN DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Herlinda - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MOTIVATION - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Kata kunci: model discovery learning, aktivitas siswa, hidrolisis garam. Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Discovery Learning dengan Metode Eksperimen pada Materi Hidrolisis Garam di Kelas XI MAN Darussalam”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas, keterampilan, tanggapan dan ketuntasan hasil belajar siswa terhadap penerapan model discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 26 orang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas, keterampilan, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama mencapai 85,8% sedangkan pada pertemuan kedua mencapai 83,3% dengan kategori baik. Persentase penilaian keterampilan dengan kriteria sangat baik mencapai 42,3%, baik 57,7%. Hasil tanggapan siswa terhadap penerapan model discovery learning tergolong baik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 80,77% dengan nilai KKM ditetapkan 70. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas, keterampilan, tanggapan siswa dan hasil belajar, maka penerapan model discovery learning baik diterapkan pada pembelajaran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HIDROLISIS GARAM RNKELAS XI SMAN 2 BANDA ACEH (syarifah asyura, 2014)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MADRASAH ALIYAH KOTA BANDA ACEH (FAZRINA, 2017)

PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMAN 9 BANDA ACEH (DWI MIFTAKHUL JANNAH, 2018)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE CIRC PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA TAHUN AJARAN 2013/2014 (Ulfiasari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy