//

HUBUNGAN PERILAKU PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK TERHADAP KEBERADAAN JENTIK RNAEDES AEGYPTIPADA MASYARAKAT RNDI KECAMATAN KUTA BARO RNKABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DESSY ELFIANA - Personal Name
SubjectMOSQUITOES
DENGUE HEMORRHAGIC FEVER-INCIDENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Demam berdarah merupakan infeksi yang diakibatkan oleh virus dengue yang ditandai dengan peningkatan kadar hematokrit dan demam yang terjadi selama 2-7 hari. Pada tahun 2013 di Provinsi Aceh terdapat 833 kasus meninggal akibat demam berdarah dengue. Peningkatan jumlah kasus DBD dapat disebabkan oleh kepadatan vektor di lingkungan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pemberantasan sarang nyamuk, keberadaan jentik Aedes aegypti dan hubungan perilaku pemberantasan sarang nyamuk terhadap keberadaan jentik Aedes aegypti pada masyarakat di Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Sampel pada penelitian ini berjumlah 84 rumah dengan metode penelitian analitik cross sectional.Penelitian ini didapatkan sebanyak 100% responden yang memiliki perilaku pemberantasan sarang yang baik tidak ditemukan adanya jentik Aedes aegypti. Terdapat sebanyak 17,1% responden yang memiliki perilaku pemberantasan sarang nyamuk yang sedang ditemukan adanya jentik Aedes aegypti dan 82,9% lainnya tidak ditemukan adanya jentik Aedes aegypti. Terdapat sebanyak 85,2% responden yang memiliki perilaku pemberantasan sarang nyamuk yang buruk ditemukan adanya jentik Aedes aegypti dan 14,8% lainnya tidak ditemukan adanya jentik Aedes aegypti.Penelitian menggunakan uji Mann-Whitney dengan α=0,05 menunjukkan nilai p value = 0,000.Perilaku pemberantasan sarang nyamuk terbanyak pada masyarakat di Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar adalah perilaku dengan kategori sedang, yaitu sebesar 48,9%. Keberadaan jentik Aedes aegypti pada masyarakat di Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar adalah sebesar 35,7%.Didapatkan hubungan yang signifikan antara perilaku pemberantasan sarang nyamuk terhadap keberadaan jentik Aedes aegypti dengan p value< 0,05. Kata kunci : Demam berdarah dengue, Perilaku pemberantasan sarang nyamuk, keberadaan jentik Aedes aegypti.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPADATAN LARVA NYAMUK AEDES SPP SEBAGAI VEKTOR PENYEBAB DEMAM BERDARAH DENGUE KUALA BANDA ACEH (Rafiatul Ichwani, 2018)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP KEBERADAAN JENTIK NYAMUK DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH TAHUN 2011 (SRI WAHYUNI, 2015)

HUBUNGAN PERILAKU PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK TERHADAP KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI KECAMATAN JAYA BARU BANDA ACEH (RAHMAT SYAHPUTRA H, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP TINDAKAN PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN BAITURRAHMAN (Azka Muda Adri, 2016)

PERILAKU KESEHATAN DALAM PENCEGAHAN DENGUE HEMORRHAGIC FEVER (DHF) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH (Risma Astuti, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy