//

GAYA BAHASA DALAM KUMPULAN CERPEN NEGERI DALAM SEPATU KARYA ZAHRA NURUL LIZA DKK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmad Rizi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: gaya bahasa, cerita pendek Penelitian yang berjudul “Gaya Bahasa dalam Kumpulan Cerpen Negeri dalam Sepatu Karya Zahra Nurul Liza dkk.” ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat dalam kumpulan cerpen Negeri dalam Sepatu karya Zahra Nurul Liza, dkk, serta menyimpulkan gaya bahasa yang dominan. Cerpen yang menjadi sampel penelitian ini berjudul Senja Sebelum Hujan, Surat Balasan dari Ayah, Penantian Nyak Saimah, Sakura itu Mekar di Pusara, dan Menanti Gugur Kelopak Bunga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan struktural. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca cerpen, mencatat bagian-bagian yang bergaya bahasa untuk dijadikan data, memilih data, dan mengklasifikasi data. Penganalisisan data dilakukan dengan mendeskripsikan dan menganalisis data, serta menyimpulkan hasil data yang dianalisis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa gaya bahasa yang terdapat dalam cerpen yang dianalisis yaitu gaya bahasa perbandingan, sindiran, dan penegasan. Adapun gaya bahasa perbandingan yang berjumlah 63 buah terdiri dari metafora 3 buah, personifikasi 7 buah, asosiasi 1 buah, alegori 7 buah, parabel 5 buah, fabel 2 buah, tropen 3 buah, sinekdhoke 10 buah, antonomasia 2 buah, periprasis 5 buah, simile 9 buah, metonemia 1 buah, hiperbola 6 buah, dan eufemisme 2 buah; gaya bahasa sindiran berjumlah 5 buah terdiri dari sinisme 2 buah, sarkasme 1 buah, dan satire 2 buah; dan gaya bahasa penegasan yang berjumlah 57 buah terdiri dari pleonasme 1 buah, tautologi 6 buah, repetisi 3 buah, paralelisme 2 buah, anaphora 3 buah, silepsis 3 buah, klimaks 6 buah, antiklimaks 5 buah, elipsi 8 buah, retoris 7 buah, koreksio 1 buah, asindeton 3 buah, pilisendeton 1 buah, inversi 1 buah, eksklamasio 7 buah, praterito 10 buah, dan retorik retisense 1 buah. Dengan demikian, dari hasil analisis tersebut menerangkan bahwa gaya bahasa yang dominan dalam kumpulan cerpen Negeri dalam Sepatu adalah gaya bahasa perbandingan: sinekdhoke dan gaya bahasa penegasan: praterito.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM BUKU ANTOLOGI CERPEN KEUMALA KARYA RAMAJANI SINAGA (Iful Rozi, 2016)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TRUMON MENENTUKAN UNSUR – UNSUR INTRINSIK CERPEN (Rafnidar, 2013)

KRITIK SOSIAL DALAM KUMPULAN CERPEN PEMBUNUH KETUJUH KARYA HERMAN RN (RAMONALISA, 2017)

INTERTEKSTUAL DALAM CERPEN ‘PELAJARAN MENGARANG’ KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA, ‘PEMETIK AIR MATA’ KARYA AGUS NOOR, DAN ‘LAKON MAK DAN AYAH’ KARYA FERHAT (Raudhatul Jannah, 2016)

ANALISIS GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM HIKAYAT IBRAHIM HASAN KARYA NURMAN SYAMHAS (Dinda Deswita, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy