//

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION (PBI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmad Fitra - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Rahmat Fitra (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self- Concept Siswa SMK Melalui Model Problem-Based Instruction (PBI) Model Problem-Based Instruction (PBI) adalah salah satu model pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk lebih aktif serta membuat langkah-langkah penyelesaiannya sehingga diduga akan mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan mengubah pandangan siswa terhadap matematika menjadi lebih positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-concept siswa yang diajarkan dengan model Problem-Based Instruction (PBI) dan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional baik secara keseluruhan maupun berdasarkan level siswa. Penelitian ini menggunakan desain pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Farmasi Cut Meutia Banda Aceh pada tahun pelajaran 2013/2014. Sampel diambil dua kelas yaitu kelas XIA sebagai kelas eksperimen dan kelas XIB sebagai kelas kontrol melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar angket skala self-concept siswa. Uji statistik yang digunakan untuk mengalisis data peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-concept adalah uji anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-concept siswa yang diajarkan dengan model Problem-Based Instruction (PBI) lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Ditinjau berdasarkan level siswa, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan self-concept siswa yang diajarkan dengan model Problem-Based Instruction (PBI) juga lebih baik daripada dari siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Model Problem-Based Instruction (PBI), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Concept Siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH BESAR (Jannati, 2016)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR OLEH SISWA KELAS VII SMPN 2 MONTASIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nova Miranda, 2016)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMPN 18 BANDA ACEH (IRMA SURIYANI, 2019)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) (HILDA RESTINA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy