//

DAMPAK WESTERNISASI TERHADAP CARA BERBUSANA DI KALANGAN REMAJA PUTRI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Haswita - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Dampak Westernisasi Terhadap Cara Berbusana di kalangan Remaja Putri Kota Banda Aceh” ini mengangkat masalah tentang bagaimana dampak westernisasi terhadap cara berbusana di kalangan remaja putri Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat remaja putri yang mengikuti westerniasi tentang cara berbusana, Mengetahui dampak westernisasi terhadap cara berbusana remaja putri di Kota Banda Aceh, Mengetahui pengetahuan remaja putri di Kota Banda Aceh tentang cara berbusana yang sesuai dengan Syariat Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif (descriptive research). Dalam memilih subjek penelitian, penulis menggunakan teknik purposif sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Penulis memilih subjek penelitian dengan kriteria yang telah peneliti tentukan. Objek dari penelitian ini adalah busana yang mengikuti westernisasi di kalangan remaja putri Kota Banda Aceh, yang digunakan oleh kesembilan subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa responden mengetahui tentang budaya westernisasi yang masuk ke Kota Banda Aceh, akan tetapi responden juga ikut mengikuti budaya tersebut dengan menggunakan busana yang tidak sesuai dengan syariat Islam yang berlaku di Kota Banda Aceh. Pengetahuan responden tentang dampak westernisasi ada dua yaitu dampak positif dan dampak negatif, dan pendapat responden tentang syariat Islam yang berlaku di Kota banda Aceh sudah sangat baik dan harus ditingkatkan agar terlaksana secara kaffah. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dampak westernisasi terhadap cara berbusana di kalangan remaja putri Kota Banda Aceh adalah remaja berbusana tidak sesuai dengan syariat Islam dan qanun yang berlaku di Kota Banda Aceh. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa remaja menggunakan busana yang tidak sesuai, dalam hal ini seperti berbusana ketat dan menampakkan beberapa bagian anggota tubuh, menyerupai busana laki-laki, menyerupai busana wanita-wanita kafir, dan tidak menutup sebagian anggota tubuh, ada yang memperlihatkan telinga, leher, rambut, lengan, dan kaki. Disarankan penelitian yang berhubungan dengan dampak westernisasi terhadap cara berbusana di kalangan remaja putri Kota Banda Aceh dapat dilanjutkan oleh penelitilan sehingga dapat terungkap hal yang belum terungkap dalam penelitian ini.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN IBU DALAM PENATAAN CARA BERBUSANA UNTUK ANAK REMAJA PUTRI DI KOTA LANGSA (SITTI MUTHMAINNAH, 2016)

RAGAM BERBUSANA REMAJA PUTRI DALAM KEGIATAN SEHARI-HARI (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN KOTA SIGLI) (masyithah, 2013)

PERILAKU REMAJA PUTRI ACEH DALAM BERBUSANA GAUL DI KOTA BANDA ACEH (Rahmawati, 2016)

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG DISMENOREA DI MAN RUKOH KOTA BANDA ACEH (Fitri Dwi Puspita Sari, S.Ked, 2014)

PERBEDAAN PERSEPSI SEHAT ANTARA REMAJA PUTRA DANRNREMAJA PUTRI DI DESA MEUNASAH PAPEUN LAMREUNG ACEHRNBESAR TAHUN 2014 (Maizar Isninna, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy