//

BIOGRAFI TENGKU HAJI MUHAMMAD ALI IRSYAD (ABU TEUPIN RAYA, 1915-2003)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rejal Afriansyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Biografi Tengku Haji Muhammad Ali Irsyad (Abu Teupin Raya, 1915-2003)”, ini bertujuan untuk: (1) merekontruksi biografi Tengku Muhammad Ali Irsyad, 1915-2003), (2) menjelaskan pemikiran Tengku Muhammad Ali Irsyad tentang Islam dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat, 1915-2003, dan (3) menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pemikiran Tengku Muhammad Ali Irsyad tentang pendidikan, 1915-2003. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode sejarah yang terdiri dari lima langkah yaitu pemilihan tema, heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Tengku Muhammad Ali Irsyad lahir tahun 1915 di Tupin Raya, Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie dan meninggal tahun 2003 dalam usia 88 tahun. Ayahnya bernama Muhammad Irsyad dan ibunya bernama Aisyah. Teungku Muhammad Ali Irsyad memiliki tiga orang isteri, yaitu Hj. Aminah, Hj. Fatimah dan Hj. Muazzinah. Pendidikan yang diperoleh oleh Tengku Muhammad Ali Irsyad terutama ialah ilmu agama Islam baik ilmu fiqh, tauhid, hadist, tasawuf dan lain-lain. Selama hayatnya Tengku Muhammad Ali Irsyad telah banyak memberikan sumbangsih dalam pendidikan Islam seperti mendirikan Dayah Darussa’adah, menyebarkan dakwah Islamiyah dan menulis berbagai karya yang bernuansa Islam, (2) Pemikiran Teungku Muhammad Ali Irsyad dalam ajaran Islam yaitu pemikiran dakwah, pemikiran ajaran fiqh Islam berlandaskan ajaran ahlussunnah waljama’ah dengan mengikuti mazhab Syafi’i, dan pemikiran tentang tasawuf berdasarkan thariqat Syattariyah dan (3) pemikiran Tengku Muhammad Ali Irsyad dipengaruhi oleh faktor tempat pengajiannya yaitu dayah yang berfaham ahlussunnah waljama’ah dan negeri Mesir tempat memperoleh ilmu falaq dan tasawuf aliran thariqat Syattariyah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN DAYAH NURUL YAQIN TENGKU KERAMAT KECAMATAN LABUHAN HAJI TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN, 1982-2014 (REZA SAH PUTRA, 2015)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH MENGINDENTIFIKASI HAL-HAL MENGESANKAN DARI TOKOH DALAM TEKS BIOGRAFI (SYAMSIDAR, 2017)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII MTSN MEURAXA BANDA ACEH MENYUSUN TEKS BIOGRAFI SESUAI DENGAN KARAKTERISTIK TEKS (Novia Lestari, 2017)

DESAIN HOTEL HAJI DAN RENOVASI LANSKAP ASRAMA HAJI DI BANDA ACEH (Novita Sari, 2016)

PENERAPAN MODEL GALLERY WALK DALAM PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (INTAN MUSFIRAH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy