Search :

Advance


ANALISIS PENDAPATAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI KARET DI DESA GUNONG PULO KECAMATAN ARONGAN LAMBALEK KABUPATEN ACEH BARAT

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fidazuwawi Timora - Personal Name
Subyek INCOME
RUBBER
AGRICULTURAL - ECONOMIC ASPECTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Desa Gunong Pulo merupakan salah satuu desa di kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat. Masayarakat yang ada di desa terbut merupakan salah satu penyadap karet yang lahan penyadapannya merupakan lahan milik sendiri da nada pula lahan milik orang lain dengan sistim bagi hasil. Penelitian ini dilakukan di Desa Gunong Pulo Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat pada petani karet. Objek penelitian ini dilakukan pada masyarakat petani karet yang ada di Desa Gunong Pulo. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada pendapatan usahatani karet. Hasil penelitian ini menunjukkan besarnya pendapatan rata-rata yang diperoleh oleh petani karet milik pribadi sebesar Rp 2.608.324 perbulan, sedangkan pendapatan yang diperoleh oleh petani bagi hasil sebesar Rp 1.561.738 per bulan dan Jumlah produksi (kualitas 1 dan kualitas 2), harga jual, biaya produksi dan jumlah pohon per hektar berpengaruh positif terhadap pendapatan petani karet di Desa Gunong Pulo Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat. Hal ini ditunjukkan oleh persamaan regresi linier berganda Y= 5,81+ 9005,50X1 + 8092,98X2 + 6804,59X3 – 1,99X4 + 427,40X5. Hubungan antara jumlah produksi, harga jual, biaya produksi dan jumlah pohon dengan pendapatan petani karet di Desa Gunong Pulo tergolong sangat erat, ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,980.Hasil statistic menunjukkan nilai F hitung > F table, dengan demikian dapat diartikan, secara simultan dan parsial jumlah produksi, harga jual, biaya produksi dan jumlah pohon berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani karet di Desa Gunong Pulo Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pendapatan rata-rata yang diperoleh oleh petani karet milik pribadi sebesar Rp 2.608.324 perbulan, sedangkan pendapatan yang diperoleh oleh petani bagi hasil sebesar Rp 1.561.738 per bulan dan Jumlah produksi (kualitas 1 dan kualitas 2), harga jual, biaya produksi dan jumlah pohon per hektar berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani karet di Desa Gunong Pulo Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat. Kata Kunci: Usahatani Karet, Pendapatan, Produksi, Harga, Biaya, dan Jumlah Pohon

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI USAHATANI KARET TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT (Uswatun Hasanah Nura, 2015)

ANALISIS PENDAPATAN DAN KONTRIBUSI USAHATANI PERKEBUNAN KARET RAKYAT TERHADAP PENDAPATAN RNRUMAH TANGGA PETANI DI DESA WONOSARI RNKABUPATEN ACEH TAMIANG (Hidayatullah Akbar, 2014)

PENGARUH FAKTOR EKONOMI TERHADAP PENDAPATAN BURUH PENYADAP KARET PADA PT. BETAMI DI KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG (zul fitra nasai, 2013)

DAMPAK KOPERASI SERBA USAHA KELUARGA MANDIRI SEJAHTERA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHATANI KARET DI KAMPUNG KALOY KECAMATAN TAMIANG HULU KABUPATEN ACEH TAMIANG (mutia julia, 2014)

ANALISIS PENDAPATAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PETANI TERHADAP USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT (Lisa Oktaviani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.