//

PENGARUH TINGKAT KEJENUHAN KERJA SHIFT MALAM TERHADAP TINGKAT KEKEBALAN STRES DOKTER MUDA YANG MENJALANI KEPANITERAAN KLINIK SENIOR DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Aulia Kurniawan - Personal Name
SubjectSTRESS - MEDICINE
JOB BURNOUT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kejenuhan merupakan suatu sindrom yang terdiri dari keletihan emosional, depersonalisasi dan penurunan prestasi diri. Sindrom kejenuhan sering dialami oleh pekerja sosial seperti dokter, perawat, pemberi pelayanan kesehatan, polisi dan guru yang menghabiskan banyak waktu berinteraksi dengan orang lain. Kejenuhan dapat mengakibatkan stres apabila kemampuan tubuh seseorang dalam menghadapi stressor rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat kejenuhan kerja shift malam terhadap tingkat kekebalan stres dokter muda yang menjalani kepaniteraan klinik senior di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin. Desain penelitian ini analitik cross sectional. Penelitian dilakukan 20 Desember 2013 – 20 Januari 2014 di ruang rawat inap pada bagian Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Ilmu Penyakit Bedah, dan Ilmu Kesehatan Anak Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin. Subyek penelitian ini adalah 151 dokter muda yang menjalani kepaniteraan klinik senior pada bagian Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Ilmu Penyakit Bedah, dan Ilmu Kesehatan Anak Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin. Analisis data yang digunakan adalah uji chi-square. Hasil penelitian mengenai pengaruh tingkat kejenuhan kerja shift malam terhadap tingkat kekebalan stres dokter muda yang menjalani kepaniteraan klinik senior di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (p > 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat adanya hubungan pengaruh tingkat kejenuhan kerja shift malam terhadap tingkat kekebalan stres dokter muda yang menjalani kepaniteraan klinik senior di ruang rawat inap RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Kata kunci : kejenuhan kerja, kekebalan stres, kepaniteraan klinik senior.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH STRES TRAUMA KERJA TERHADAP GANGGUAN STRES PASCA TRAUMA DAN BURNOUT DENGAN COPING HUMOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA DOKTER MUDA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MERY KURNIATI, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN LAMANYA MENJALANI KEPANITERAAN KLINIK SENIOR PADA DOKTER MUDA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Abdullah Gemor, 2017)

GAMBARAN STRES KERJA PERAWAT PELAKSANA PADA SHIFT JAGA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (IDA MAULINA, 2015)

PENGARUH WORKAHOLIC DAN TUNTUTAN PEKERJAAN TERHADAP KEJENUHAN KERJA DENGAN KONFLIK PERAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI(STUDI PADA DOKTER MUDA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (RAHMI WARIZKI, 2014)

HUBUNGAN BEBAN KERJA PERAWAT PELAKSANA PER SHIFT JAGA DENGAN STRES KERJA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (ZUNI SYAFARIDA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy