//

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI GRAM NEGATIF PADA AMBING SAPI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RINA DWITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI GRAM NEGATIF PADA AMBING SAPI ACEH ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bakteri Gram negatif pada ambing sapi aceh, dengan mengisolasi bakteri yang berasal dari 10 swab ambing sapi aceh yang tumbuh pada media NB, media Mac Conkey, SSA dan PAB. Selanjutnya dilakukan pewarnaan Gram, pengamatan morfologi koloni dan uji biokimia. Hasil yang diperoleh yaitu didapatkan 3 bakteri. Bakteri A merupakan Shigella boydii dengan ciri berbentuk batang, koloni berwarna kuning pada media SSA, tembus cahaya, mampu memecahkan asam amino triptofan, hanya mampu menurunkan pH menjadi asam, memfermentasikan manitol dan dubius pada fermentasi sukrosa. Bakteri B merupakan Enterobacter cloacae dengan ciri berbentuk batang, koloni berwarna merah muda pada media SSA, berflagel, hanya mampu meningkatkan pH menjadi basa, memfermentasikan gula (manitol, laktosa dan sukrosa). Bakteri C merupakan Enterobacter aerogenes dengan ciri berbentuk batang, koloni berwarna putih pada media PAB, berflagel, hanya mampu meningkatkan pH menjadi basa dan memfermentasikan gula (manitol dan sukrosa). Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan Tabel Cowan and Steel’s (1993) didapatkan bakteri dengan spesies : Shigella boydii, Enterobacter cloacae dan Enterobacter aerogenes.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI GRAM NEGATIF PADA AMBING SAPI ACEH (RINA DWITA, 2018)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI MICROCOCCUS LUTEUS DAN STAPHYLOCOCCUS EPIDERMIDIS PADA AMBING SAPI ACEH (Usma Aulia, 2018)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA VAGINA SAPI ACEH (Dian Zahlina, 2018)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI GRAM NEGATIF PADA UTERUS SAPI ACEH YANG MENGALAMI REPEAT BREEDING (Indi Rafika, 2017)

ISOLASI BAKTERI ENTEROBACTERIACEAE ASAL CANGKANG TELUR PENYU LEKANG (LEPIDOCHELYS OLIVACEA) DI LHOK PANTE TIBANG, BANDA ACEH (Safra Nita, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy