//

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA (STUDI PADA REMAJA GAMPONG BATOH KECAMATAN LUENG BATA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIFKA NADILA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Remaja (Studi Pada Remaja Gampong Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh)” yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan media sosial instagram (variabel X) terhadap perilaku cyberbullying pada remaja (variabel Y). Populasi pada penelitian ini adalah 141 remaja yang bertempat tinggal di Gampong Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh, dan setelah menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10% dari jumlah populasi, maka besarnya sampel yang diambil adalah sebanyak 58 responden yang yang aktif menggunakan instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Ketergantungan Media, dimana teori ini menjelaskan bahwa semakin sering seseorang menggunakan sebuah media maka akan semakin besar pengaruh media tersebut terhadap perilaku penggunanya. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner menggunakan skala pengukuran skala likert dan diolah secara statistik dengan program SPSS yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji regresi sederhana, uji normalitas, dan uji hipotesis. Berdasarkian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung adalah 6,218 dan nilai ttabel pada α 0,05 pada uji 2 sisi diketahui 2,002. Berdasarkan kriteria uji hipotesis yaitu jika thitung lebih besar ttabel (6,218 > 2,002), maka Ha diterima, artinya penggunaan media sosial instagram berpengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku cyberbullying pada remaja Gampong Batoh Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh. Kata Kunci: media sosial, perilaku cyberbullying, remaja

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FENOMENA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP GAYA HIDUP REMAJA (PENELITIAN DI DESA KEPALA BANDAR KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA) (Farah Nabila, 2018)

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN CYBERBULLYING PADA REMAJA DI KOTA BANDA ACEH (Rayyan, 2017)

UPAYA ORANG TUA DALAM MEMBIMBING PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL BAGI PERKEMBANGAN SIKAP POSITIF ANAK (SUATU PENELITIAN DI KAMPUNG PANTERIEK KECAMATAN LUENG BATA, BANDA ACEH) (UCI AMELIA, 2019)

REPRESENTASI DIRI REMAJA DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (HENDY HARNIO PRATAMA, 2019)

PERBEDAAN CYBERBULLYING DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA REMAJA DI KOTA BANDA ACEH (Shella Rizky A, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy