//

KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN MELALUI PENDEKATAN SAVI DI KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Debby Octavia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan keaktifan belajar siswa SMP dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat terjadi karena pembelajaran yang diselenggarakan belum berfokus pada aktivitas siswa. Pembelajaran yang menitikberatkan kegiatan siswa sangat diharapkan untuk dapat diterapkan pada pembelajaran. Pendekatan Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual (SAVI) adalah salah satu solusi yang dapat diterapkan. Melalui pembelajaran ini, siswa dapat memaksimalkan alat indera dan keterlibatan pikiran saat belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar dan keaktifan belajar siswa yang pembelajarannya diterapkan pendekatan SAVI dan yang pembelajarannya tidak diterapkan pendekatan SAVI pada materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 7 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Sampel penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas VII-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes akhir yang terdiri dari 6 soal essay dan lembar observasi keaktifan yang terdiri dari 9 indikator keaktifan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dengan jenis True Experimental Design dan design post-test only control group. Teknik kuantitatif dan kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa. Hasil yang didapat dari penelitian adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa yang pembelajarannya diterapkan pendekatan SAVI tidak lebih baik daripada hasil belajar siswa yang pembelajarannya tidak diterapkan pendekatan SAVI pada materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 7 Banda Aceh. (2) Keaktifan belajar siswa yang pembelajarannya diterapkan pendekatan SAVI lebih baik daripada Keaktifan belajar siswa yang pembelajarannya tidak diterapkan pendekatan SAVI pada materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 7 Banda Aceh dengan rata-rata skor keaktifan yang pembelajarannya diterapkan pendekatan SAVI adalah 75,22% yang berkriteria Tinggi dan rata-rata skor keaktifan yang pembelajarannya tidak diterapkan pendekatan SAVI adalah 59,52% yang berkriteria Cukup. Oleh karena itu, pendekatan SAVI dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru di sekolah sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DENGAN ENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013 (wahyuni nopasari, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISAWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMPN 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN. (Irvan Fadli, 2016)

PENDEKATAN SAVI (SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH PADA MATERI GEOMETRI BIDANG DATAR (Rizky Amalia, 2016)

PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK) PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VIIRNSMP NEGERI 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (RATNAWATI, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Rida Suryanti, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy