//

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PENYEBAB PERILAKU MEMBOLOS PADA SISWA (SUATU PENELITIAN DI SMA/MA KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jumadi - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
EMOTION AND BEHAVIOR
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Faktor-faktor penyebab, perilaku membolos. Penelitian yang berjudul “Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Membolos Pada Siswa (Suatu Penelitian di SMA/MA Kota Banda Aceh)” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah faktor penyebab perilaku membolos pada siswa di SMA/MA Kota Banda Aceh; 2) Apa akibat yang akan ditimbulkan oleh siswa yang berperilaku membolos di SMA/MA Kota Banda Aceh; 3) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi siswa yang berperilaku membolos di SMA/MA Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mesdeskripsikan faktor-faktor penyebab perilaku membolos pada siswa di SMA/MA Kota Banda Aceh. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini peneliti menetapkan 18 siswa dan 5 guru di SMA/MA Kota Banda Aceh. Dalam pengumpulan data peneletian ini menggunakan tekhnik wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interaktif. Hasil penelitian data menunjukkan bahwa Penyebab siswa melakukan membolos diantaranya: tidak membuat tugas, guru terlalu banyak memberikan tugas, ada mata pelajaran yang dianggap sulit dipahami, di lingkungan sekolah yang membosankan, ada guru yang tidak disukai. Dampak yang ditimbulkan oleh siswa yang melakukan membolos diantaranya: ketinggalan materi pelajarannya, nilai ulangan tidak sesuai harapan, gagal dalam ujian, tidak naik kelas, dikeluarkan dari sekolah dan akan menimbulkan banyak masalah lain yang akan merugikan dirinya. Dalam mengatasi perilaku membolos pada siswa diantaranya: dengan melakukan pendekatan kepada siswa yang melakukan membolos, menciptakan suasana dikelas yang menyenangkan, selalu mengontrol baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah, memberikan sanksi terhadap siswa yang melakukan membolos. Diharapkan kepada guru untuk melakukan pendekatan kepada siswa yang membolos, yaitu dengan mengajak menceritakan mengapa dia melakukan membolos, guru harus menciptakan suasana yang menyenangkan dikelas, selanjutnya dalam memberikan tugas guru jangan sampai membuat siswa kesulitan, guru juga harus memberikan motivasi kepada siswa yang merasa kesulitan terhadap mata pelajaran tertentu agar siswa tersebut menjadi suka terhadap mata pelajaran yang dianggap sulit dipahami.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU SISWA MEMBOLOS SEKOLAH DI SMP NEGERI 16 BANDA ACEH (Masyithah, 2019)

PENGARUH KONFORMITAS KELOMPOK TEMAN SEBAYARNTERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWARN(SUATU PENELITIAN PADA REMAJA DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH) (sona anjana, 2014)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU BULLYING PADA SISWA SD NEGERI KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (Ayu Muspita, 2017)

MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK (STUDI PENELITIAN PADA SISWA SMA NEGERI 1 SIMPANG TIGA, KABUPATEN PIDIE) (Muzakkiratunnisa, 2017)

ALASAN SISWA MEMBOLOS DAN PENANGANAN GURU BK DALAM MENGATASINYA (SUATU PENELITIAN PADA SMA NEGERI 1 TANAH JAMBO AYE ACEH UTARA) (MASNARIMA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy