//

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF DI PAUD IT MINA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ira Rahayu - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ira Rahayu. 2018. Mengembangkan Keterampilan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Metode Bermain Kooperatif Di PAUD IT Mina Kabupaten Aceh Besar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: 1) Dra. Fakhriah, M. Pd. 2) Dina Amalia, S. Psi., M. Sc. Kata Kunci: Sosial Emosional, Bermain Kooperatif, Anak Usia Dini. Penelitian ini mengangkat masalah keterampilan sosial emosional anak usia 4-5 tahun ketika bermain. Sosial emosional perlu dikembangkan pada anak usia dini agar kelak anak menjadi generasi yang tidak anti sosial, salah satunya melalui metode bermain kooperatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan keterampilan sosial emosional anak usia dini melalui bermain kooperatif di PAUD IT Mina Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelompok A anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 11 orang anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan unjuk kerja. Peneliti menggunakan metode bermain kooperatif dengan kegiatan bermain bendera estafet. Ketika melakukan permainan bendera estafet ini, peneliti memisah anak menjadi dua kelompok yang terdiri dari 4 orang dan masing-masing anak bertanggung jawab memberikan bendera kepada teman yang lain secara estafet. Hasil yang diperoleh dalam pelitian ini adalah keterampilan sosial emosional anak berkembang dengan menggunakan bermain kooperatif bendera estafet. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tindakan pada siklus II, anak telah mampu untuk mematuhi peraturan, tanggung jawab dan kerja sama dengan mendapatkan 3 atau 4 bintang sebanyak 6 orang anak. Agar dapat mengembangkan keterampilan sosial emosional anak, disarankan kepada guru agar dapat menggunakan metode bermain kooperatif ini dalam pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD QUR’ANI NURUL ILMI GAMPONG REUDEP MONTASIK ACEH BESAR (PUTRI AYU, 2019)

MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD BUNGA MELATI DESA TUNGKOP KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Ramadhani, 2019)

PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR (Nurhabibah, 2016)

MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD TAHFIZH ANAK BANGSA KOTA BANDA ACEH (Indayani, 2017)

PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD BAYYINAH ACEH BESAR (Maulida, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy