//

NILAI KARAKTER DAL AM PANTUN DO DA 1D1 PADA MASYARAKAT KABUPATEN ACEH BA RAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Noviawita Yulia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Nilai Karakter dalam Panton Do Da Idi pada Masyarakat Kabupaten Aceh Barat.” Rumusan masalah penelitian ini adalah apa saja nilai karakter yang terkandung dalam Panton Do Da Idi (peuayôn aneuk) pada masyarakat kabupaten Aceh Barat? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Panton Do Da Idi dan menganalisis nilai-nilai karakter dalam Panton Do Da Idi pada masyarakat kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat untuk membantu penelitian-penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan sastra, khususnya mengenai adat istiadat masyarakat Aceh. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan struktural. Populasi penelitian ini adalah masyarakat di kecamatan Johan Pahlawan dan sampel penelitian ditetapkan berdasarkan tujuan (purposivesampling) Panton Do Da Idi. Peneliti menggunakan teknik snowball, teknik rekaman, teknik simak bebas libat cakap, teknik catat, dan teknik triangulasi dalam pengumpulan data. Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu setelah data diperoleh, peneliti menganalisis dan mendeskripsikan data tersebut dalam bentuk deskripsi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Panton Do Da Idi atau peuayôn aneuk pada masyarakat di kecamatan Johan Pahlawan terdapat nilai-nilai karakter. Nilai- nilai karakter tersebut antara lain (1) religius, (2) jujur, (3) toleransi, (4) kerja keras, (5) mandiri, (6) semangat kebangsaan, (7) cinta damai, (8) bersahabat/komunikatif, (9) peduli sosial, (10) tanggung jawab, (11) cinta tanah air. Kata Kunci : Nilai Karakter, Panton Do Da Idi, Masyarakat Kabupaten Aceh Barat vii

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAKONGAN TIMUR MENULIS PANTUN (Mardiani, 2013)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SAMPOINIET MENULIS PANTUN DALAM BAHASA ACEH (Maisarah, 2014)

FUNGSI MAA DALAM MELESTARIKAN BUDAYA PANTUN DI KABUPATEN ACEH TAMIANG (STUDI DI INSTITUSI MAJELIS ADAT ACEH TAMIANG) (MAHDI IBRAHIM, 2016)

KEMAMPUAN SISWA KELAS IV SDN 5 BANDA ACEH MELENGKAPI PANTUN (Aida Meriza, 2014)

CIRI DAN FUNGSI PANTUN BEBAHASA DEVAYAN (Citra Herlinon, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy