//

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 46 KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Julia Saputri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Saputri, Julia. 2017. Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sarana terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 46 Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Bukhari, M.Pd., (2) Drs. Soedirman Z, M.Pd. Kata Kunci: pemanfaatan perpustakaan sekolah, hasil belajar. Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai Sarana terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 46 Kota Banda Aceh”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sarana terhadap hasil belajar di SD Negeri 46 kota Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 33 orang, siswa kelas V yang berjumlah 33 orang, guru kelas IV, guru kelas V, dan pustakawan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan Reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 46 kota Banda Aceh sudah baik. Siswa mencapai kualifikasi nilai yang baik, yaitu nilai yang diperoleh siswa pada umumnya antara 71-85. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah tercapai dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari pemanfaatan perpustakaan di sekolah tersebut. Sebagaimana hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan menunjukkan bahwa guru mengarahkan siswa memanfaatkan perpustakaan untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi yang berkaitan dengan pelajaran. Kebiasaan membaca di perpustakaan yang dimiliki siswa memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa dalam menjawab soal-soal dan pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran. Hal ini menguatkan asumsi bahwa perpustakaan merupakan bagian yang penting dalam mendukung proses belajar di sekolah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VSD NEGERI 69 BANDA ACEH (Elly Armanusah, 2017)

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI FISIKA DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2015)

HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (MIRA ZAHARA, 2019)

PERSEPSI GURU TERHADAP PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN OLEH SISWA SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Risnatul Ulfa, 2018)

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH OLEH SISWA DI SMP TARBIYAH LABUHAN HAJI ACEH SELATAN (Warsiah Amrah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy