//

IDENTIFIKASI LAPISAN AKUIFER MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS DI GAMPONG LAMBUNG KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DIMAS KURNIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian untuk mencari akuifer air tanah dengan mengunakan metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Wenner-Schlumberger di Gampong Lambung, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada 2 lintasan pengukuran dengan panjang lintasan 200m dan jarak antar elektroda 5m menggunakan Terameter ABEM SAS 4000. Data yang diperoleh saat akuisisi berupa nilai resistivitas semu dan diinversi menggunakan software Res2Dinv untuk mendapatkan penampang 2D litologi bawah permukaan. Hasil inversi diinterpretasikan berdasarkan sebaran variasi nilai resistivitas batuan. Pada lintasan 1 diperoleh akuifer semi-tertekan pada lapisan kedua dengan nilai resistivitas batuan 0.14 Ωm - 5 Ωm dengan kedalaman 6.7m – 30m, berupa batuan pasir, kerikil dan lempung. Pada lintasan 2 diperoleh akuifer semi-tertekan pada lapisan kedua dengan nilai resistivitas batuan 0.11 Ωm - 3 Ωm dengan kedalaman 7m – 30m, berupa batuan pasir, kerikil, dan lempung. Akuifer yang didapat telah terintrusi air laut sehingga tidak layak digunakan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI LAPISAN AKUIFER MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS DI DESA SUKA MULYA KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG (Mukhlis, 2019)

IDENTIFIKASI PENYEBARAN INTRUSI AIR LAUT PADA LAPISAN AKUIFER DI GAMPONG DEAH RAYA KECAMATAN SYIAH KUALA MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS (Julia Savana, 2016)

IDENTIFIKASI LAPISAN AKUIFER MENGGUNAKAN METODE VES DI DESA ANOI ITAM, SABANG (Egyana Yudistira, 2016)

APLIKASI METODE GEOLISTRIK PADA STUDI PERLAPISAN RESISTIVITAS DI KAWASAN TPA GAMPONG JAWA (Badrul Munir, 2014)

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN PADA AREA PEMBANGUNAN JEMBATAN KRUENG KALENG, SABET, ACEH JAYA MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI DAN METODE GEOLISTRIK (Intan Maullida, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy