//

GAMBARAN PERKEMBANGAN PADA BALITA DENGAN PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FADHILLAH IDRIS - Personal Name
SubjectCONGENITAL HEART DEFECTS - MEDICINE

Abstrak/Catatan

Penyakit jantung bawaan (PJB) adalah kelainan pada struktur atau fungsi jantung yang didapat sejak lahir. Anak dengan penyakit jantung bawaan dengan hemodinamik yang tidak stabil dapat mempengaruhi perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perkembangan pada balita dengan penyakit jantung bawaan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif dengan 38 sampel yang dilakukan pada bulan September-november 2013 di Poliklinik Jantung RSUDZA. Variabel penelitian ini adalah penyakit jantung bawaan dan perkembangan balita yang dinilai menggunakan kuesioner praskrining perkembangan (KPSP). Hasil dari penelitian ini menyatakan responden terbanyak dari 27 balita (71,0%) memiliki perkembangan yang sesuai menurut umur dengan umur terbanyak 0-24 bulan sebesar 22 responden (57,9%) dan status gizi yang baik berdasarkan berat badan menurut umur yaitu 15 responden (39,5%). Untuk jenis keterlambatan perkembangan yang dimiliki balita dengan penyakit jantung bawaan, persentase keterlambatan perkembangan lebih banyak dimiliki oleh tipe PJB sianotik yaitu dari keterlambantan perkembangan motorik kasar 33,3%, motorik halus 33,3%, dan sosialisasi dan kemandirian 16,7 % . Kata kunci : penyakit jantung bawaan, perkembangan anak, KPSP

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KELAINAN JANTUNG BAWAAN PADA AANAK SINDROM DOWN DI RSUDZA BANDA ACEH (Hardiana Shahara, 2014)

PROFIL PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE SEPTEMBER-OKTOBER TAHUN 2012 (Aulia Rahmatun Nufus, 2015)

PERKEMBANGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 1979-2016 (Fitriana Dewinta, 2017)

GAMBARAN STATUS GIZI AWAL BALITA RAWAT INAP DI RUANG ANAK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Cut Risya Firlana, 2015)

HUBUNGAN USIA IBU DAN FAKTOR LINGKUNGAN SAAT HAMIL DENGAN KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Pretty Puspitasari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy