//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECEMASAN ORANGTUA TERHADAP PENYAKIT JANTUNG BAWAAN PADA ANAK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Maulidasari - Personal Name
SubjectHEART DISEASES - MEDICINE

Abstrak/Catatan

Orangtua yang memahami dan mengerti kondisi kesehatan anak sangat diperlukan dalam menunjang perkembangan anak. Kecemasan merupakan respon yang umumnya muncul pada orangtua yang memiliki anak dengan PJB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan orangtua terhadap penyakit jantung bawaan pada anak. Penelitian ini bersifat analitik dengan rancangan cross-sectional. Data diperoleh dari 40 responden orangtua yang memiliki anak dengan PJB yang dilakukan pada Oktober-Desember 2013 di Poliklinik Jantung RSUDZA. Variabel penelitian ini adalah tingkat pendidikan, pengetahuan, usia, dan status ekonomi dan tingkat kecemasan orangtua terhadap PJB pada anak. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 24(60%) orangtua memiliki tingkat pendidikan dasar, 23(57,5%) orangtua memiliki pengetahuan kurang, 35(87,5%) orangtua dengan usia dewasa dini, dan 20(50%) orangtua dengan status ekonomi rendah. Berdasarkan uji Chi-square ,terlihat bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan tingkat kecemasan orangtua (Pvalue (0,020) < 0,05, PR (1,8), CI (0,95-3,26)). Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan tingkat kecemasan orangtua (Pvalue (0,530) > 0,05, PR (1,1), CI (0,75-1,75)). Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara usia dan tingkat kecemasan orangtua (Pvalue (0,477) > 0,05, PR (1,2), CI (0,56-2,51)). Terdapat hubungan yang signifikan antara status ekonomi dan tingkat kecemasan orangtua (Pvalue (0,038) < 0,05, PR (1,6), CI (0,99-2,39)). Penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan orangtua terhadap penyakit jantung bawaan pada anak adalah tingkat pendidikan dan status ekonomi. Kata Kunci: Penyakit Jantung Bawaan, Tingkat Kecemasan Orangtua, Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, Usia, Status Ekonomi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PERKEMBANGAN PADA BALITA DENGAN PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FADHILLAH IDRIS, 2014)

PROFIL PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE SEPTEMBER-OKTOBER TAHUN 2012 (Aulia Rahmatun Nufus, 2015)

KELAINAN JANTUNG BAWAAN PADA AANAK SINDROM DOWN DI RSUDZA BANDA ACEH (Hardiana Shahara, 2014)

MODIFIKASI MODEL SUSCEPTIBLE-EXPOSED-INFECTED (SEI) UNTUK PEMODELAN PENYAKIT JANTUNG KORONER (Wardatul Jannah, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PENYAKIT JANTUNG BAWAAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (mutia rahmah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.