//

HUBUNGAN PENINGKATAN KADAR GULA DARAH DENGAN WAKTU TERJADINYA SINDROM KORONER AKUT DI BLUD RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Mirza - Personal Name
SubjectBLOOD SUGAR-HUMAN PHYSIOLOGY
CORONARY HEART DISEASE - MEDICINE

Abstrak/Catatan

Sindrom koroner akut merupakan penyakit kardiovaskuler yang memiliki angka mortalitas tertinggi di dunia. Peningkatan kadar gula darah (Hiperglikemia) diketahui meningkat ketika terjadinya stress seperti pada infark miokard, hal ini dikarenakan diproduksinya hormon stress (epinefrin, norepinefrin dan kortisol). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara peningkatan kadar gula darah dengan waktu terjadinya sindrom koroner akut. Penelitian ini menggunakan rancangan Cross-Sectional dengan mengambil data sekunder berupa status medik dan hasil laboratorium, dari data tersebut akan diidentifikasi, rekapitulasi dan dilakukan pengujian secara statistik dengan Chi-square (X2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapatnya hubungan yang signifikan antara peningkatan kadar gula darah dengan waktu terjadinya sindrom koroner akut, pada pasien sindroma koroner akut yang tidak mengalami peningkatan kadar gula darah sebanyak 28 orang (90,3%), dimana 61,3% terjadi pada onset cepat dan 29% terjadi pada onset cepat. Hanya sebanyak 3 orang (9,7%) pasien sindrom koroner akut yang terjadi peningkatan kadar gula darah, dimana 6,5% terjadi pada onset cepat dan 3,2% terjadi pada onset lambat. Kata Kunci: Sindrom koroner akut, Stress hiperglikemia, Kardiovaskuler

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN NITRIC OXIDE DAN JENIS KELAMIN TERHADAP KEJADIAN CORONARY SLOW FLOW PHENOMENON PADA PENDERITA PENYAKIT JANTUNG KORONER (dr. Meta Maulinda, 2019)

HUBUNGAN GULA DARAH PUASA DAN POSTPRANDIAL DENGAN HBA1C PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ENTAN NABILA KASDY, 2018)

DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES PADA PASIEN RNPENYAKITJANTUNG KORONER DI RUMAH RNSAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL RNABIDIN BANDA ACEH (LENI MAULIDA FONNA, 2015)

PREVALENSI OBESITAS PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI POLIKLINIK JANTUNG RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MULTAZAM, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN POLA DIET TERHADAP KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Reza Munanda, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy