//

PEMBELAJARAN SEGITIGA DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GEOMETER’S SKETCHPAD DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Raudhatul Jannah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jannah, R. 2018. Pembelajaran Segitiga dengan Model Think Pair Share Berbantuan Geometer’s Sketchpad di Kelas VII MTsN Model Banda Aceh. Pembimbing: (1) Dra. Yuhasriati, M. Pd. (2) Drs. Syahjuzar, M. Si. Kata Kunci : Hasil belajar, Think Pair Share (TPS), Geometers Sketchpad (GSP) Geometri merupakan salah satu materi yang memerlukan pemahaman konsep melalui gambar. Geometri erat kaitannya dengan menggambar dan melukis. Berdasarkan masalah tersebut diperlukan pembelajaran geometri yang inovatif. Salah satu sistem dari pembelajaran matematika yang inovatif yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Pemanfaatan media pembelajaran juga berkontribusi dalam pelaksanaan pembelajaran inovatif serta dapat memaksimalkan hasil belajar. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan software-software matematika. Salah satunya adalah pemanfaatan software matematika Geometers Sketchpad (GSP). Kelebihan GSP adalah tersedia menu kontruksi, seperti mengkonstruksi titik, vektor, garis, maupun suatu kurva tertentu yang kemudian dapat kita ketahui bentuk aljabarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model berbantuan GSP dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model TPS tanpa bantuan GSP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Model Banda Aceh dan yang menjadi sampelnya adalah kelas VII-3 sebagai kelas kontrol dan kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model TPS berbantuan GSP lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model TPS tanpa bantuan GSP. Pengolahan data dilakukan dengan uji-t dengan α = 0,05. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model TPS berbantuan GSP lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model TPS tanpa bantuan GSP. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan hasil belajar siswa yang menggunakan model TPS berbantuan GSP lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model TPS tanpa bantuan GSP.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PURNAMA WITA, MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NOVICK BERBANTUAN SOFTWARE GEOMETER’S SKETCHPAD (GSP) (Purnama Wita, 2017)

PEMBELAJARAN MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GEOGEBRA (YULINAR SAFITRI, 2018)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN UJONG KUTA (Murni Asdar, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA MTSN KUTA BARO (HERLI, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THE POWER OF TWO DAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Husnul Khatimah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy