//

PENENTUAN KADAR ASPAL OPTIMUM (KAO) PADA BETON ASPAL DENGAN PENAMBAHAN PP (POLYPROPYLENE) 2% DAN 6%

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alfat Zainullah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kadar aspal optimum (KAO) menjadi persyaratan mutlak dalam setiap campuran lapis perkerasan beraspal. Pada sistem perkerasan lentur (flexible pavement) dipakai material aspal sebagai bahan pengikat agregat, salah satunya cara untuk meningkatkan kualitas aspal dan perkerasan lentur dapat dilakukan dengan penambahan Polypropylene (PP).Penelitian ini bertujuan membandingkan KAO yang ditambahkan 2% dan 6% Polypropylene (PP) pada campuran (AC-WC) dan Portland cement sebagai filler. Tahapan awal pada penelitian ini yaitu mencari Kadar Aspal Optimum (KAO) dengan menambahkan langsung Polypropylene (PP) (2%,6%) dan Portland semen (PC) sebagai filler terhadap berat campuran pada agregat. Pengujian yang dilakukan terhadap penelitian membuat benda uji dengan variasi plastik polypropylene yang memenuhi syarat, menyiapkan peralatan yang digunakan, pengujian marshall dan pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan dari persentase Polypropylene (PP) dan Portland semen sebagai filler, nilai parameter marshall, pada kadar aspal optimum (KAO) 6.00% dengan penambahan Polypropylene (PP) 2% dan 6% pada kadar aspal optimum (KAO) 5.75% dengan penambahan Polypropylene (PP) 2% dan 6%. Nilai persentase pada KAO 6.00% dan 5.75% memiliki stabilitas tertinggi pada campuran 6% Polypropylene (PP) pada kadar aspal 6.00% yaitu 1821.00 kg . Nilai flow tertinggi ada pada campuran 2% Polypropylene (PP) pada kadar aspal 6.00% yaitu 4.4 mm. Nilai MQ tertinggi ada pada campuran 6% Polypropylene (PP) pada kadar aspal 5.75% yaitu 699.00 Kg/mm. Nilai density tertinggi ada pada campuran 6% Polypropylene (PP) pada kadar aspal 6.00% yaitu 2.50 gr/mm. Nilai VIM tertinggi ada pada campuran 2% Polypropylene (PP) pada kadar aspal 5.75% yaitu 4.80%. Nilai VMA tertinggi ada pada campuran 2% Polypropylene (PP) pada kadar aspal 6.oo % yaitu 19.06%. Nilai VFA tertinggi ada pada campuran 6% Polypropylene (PP) pada kadar aspal 6.00% yaitu 77.99 %. Kata kunci : kadar aspal optimum (kao), polypropylene (pp), portland cement (pc).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGGUNAAN POLYPROPYLENE DAN ABU SEKAM PADI TERHADAP KINERJA CAMPURAN LAPIS ASPAL BETON AC-WC (CUT ROSA BELLA, 2016)

PENGARUH PENGGUNAAN AGREGAT HALUS SABANG DENGAN FILLER SERBUK BATA MERAH DAN ABU KULIT KOPI SERTA POLYPROPYLENE TERHADAP KINERJA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) (Mohd. Fahmi Abdya Putra, 2018)

PENENTUAN KADAR ASPAL OPTIMUM (KAO) PADA BETON ASPAL DENGAN PENAMBAHAN LIMBAH PLASTIK PET (POLYETHYLENE TEREPHTHALATE) 2,7% DAN 6,7% (Chandra Putra Pratama, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN AGREGAT HALUS SABANG DENGAN FILLER SERBUK BATA MERAH DAN ABU KULIT KOPI SERTA POLYPROPYLENE TERHADAP KINERJA CAMPURAN LASTON LAPIS AUS (AC-WC) (Mohd. Fahmi Abdya Putra, 2018)

PENENTUAN KADAR ASPAL OPTIMUM (KAO) PADA BETON ASPAL DENGAN MENAMBAHKAN 1% DAN 2% PARUTAN KARET BAN DALAM KENDARAAN RODA 4 (Muhammad Amin, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy