//

STUDI PENGEMBANGAN CURBSIDE DAN PARKIR KENDARAAN DI BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Haikal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) adalah sebuah bandar udara yang terletak di Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, Provinsi Aceh. Saat ini terjadi pertambahan jumlah penumpang sebesar 8.33% dari tahun 2013 ke tahun 2017. Pertumbuhan penumpang ini akan berdampak pada fasilitas-fasilitas pelayanan penumpang bandara seperti fasilitas pelayanan penumpang pada curbside dan parkir kendaraan. Secara visual, pada jam puncak curbside mengalami hambatan dan pada parkir mobil Bandara Udara Sultan Iskandar Muda sudah hampir mencapai kapasitas maksimum. Penelitian ini diawali dengan survei lapangan pada curbside keberangkatan, serta parkir mobil Bandara SIM. Data yang digunakan ialah data primer yang diperoleh dari survei lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari PT. Angkasa Pura II, Bandara SIM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik curbside dan parkir mobil yang kemudian dilakukan pengembangan pada kondisi eksisting dan kondisi masa yang akan datang. Metode yang digunakan ialah menggunakan metode Federal Aviation Administration AC 150/5360-13 (1988), Direktur Jenderal Perhubungan Darat (1996), SNI 03-7046-2004, dan SKEP//77/VI/2005. Waktu pengambilan data primer parkir kendaraan dilakukan selama 3 hari, dan pada curbside selama 1 hari. Data primer yang diambil ialah pada fasilitas curbside berupa data dwell time, jarak slot kendaraan, serta panjang dan lebar curbside. Pada fasilitas parkir mobil diambil data jumlah kendaraan parkir mobil dan durasi parkir pada pukul 07.00 - 18.00 WIB. Data peramalan (forecasting) jumlah penumpang keberangkatan tahun 2027 menggunakan metode ARIMA. Berdasarkan peramalan kebutuhan 10 tahun kedepan (2018 – 2027), jumlah penumpang keberangkatan pada jam puncak tahun 2027 yaitu 623 penumpang/jam sibuk, dan pada tahun 2018, sesuai SKEP//77/VI/2005 telah mencapai kapasitas parkir maksimum yaitu jumlah petak parkir yang dibutuhkan sebesar 371 petak parkir. Maka dilakukan perencanaan pengembangan panjang curbside sebesar 62.72 m, dan lebar curbside >10 m, dan pembangunan gedung parkir mobil pada kondisi tahun 2027 dengan total petak parkir 586 petak parkir di Bandara Sultan Iskandar Muda. Kata Kunci: Curbside, Parkir, Bandar Udara Sultan Iskandar Muda

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA 1943-2015 (Rejeki, 2017)

PENGARUH BERBAGI PENGETAHUAN DIANTARA REKAN KERJA TERHADAP KINERJA TUGAS DENGAN EFIKASI DIRI DAN ABUSIVE SUPERVISION PADA PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) BANDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA (Siti Safura, 2017)

PERHITUNGAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) PADA PT. ANGKASA PURA II KANTOR CABANG BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA ACEH (Rizky Ananda Hendrico, 2015)

PROSEDUR PENGHAPUSBUKUAN ASET TETAP PADA PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) BANDARA INTERNASIONAL KANTOR CABANG SULTAN ISKANDAR MUDA ACEH (EZZADZ, 2017)

PROSEDUR PENGHAPUSBUKUAN ASET TETAP PADA PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) BANDARA INTERNASIONAL KANTOR CABANG SULTAN ISKANDAR MUDA ACEH (EZZADZ, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy