//

PERANCANGAN LAJUR KHUSUS SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN VISSIM PADA JALAN TENGKU MOHD. DAUD BEUREUEH MENUJU JALAN T. NYAK ARIEF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mella Purnama Putri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pertumbuhan lalu lintas di Kota Banda Aceh terus meningkat sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk dan disertai tingkat kepemilikan kendaraan yang terus bertambah hingga mencapai angka 220.019 unit pada tahun 2015 dengan sepeda motor mendominasi hingga 80% sehingga mulai menyebabkan permasalahan transportasi, salah satunya di Jalan Tengku Mohd. Daud Beureueh menuju Jalan Teuku Nyak Arief. Pergerakan lalu lintas yang bercampur (mixed traffic) menyebabkan kinerja dan kecepatan kendaraan menurun pada jam puncak. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kinerja jalan perkotaan secara makro dengan menggunakan MKJI 1997 dan mencoba mengatur pergerakan sepeda motor yang sangat acak dengan membuat rekayasa lalu lintas berupa lajur khusus untuk sepeda motor pada jalan tersebut secara mikrosimulasi menggunakan perangkat lunak VISSIM. Penelitian dilakukan pada ruas jalan Tengku Mohd. Daud Beureueh pada arah Pusat Kota ke Darussalam yang merupakan 6 lajur 2 arah terbagi (6/2 D). Pengambilan data dilakukan pada hari Senin (30 April 2018), Rabu (2 Mei 2018) dan Jumat (4 Mei 2018) mulai dari pukul 07.00 – 09.00 WIB dan juga sore hari mulai pukul 16.30 – 18.30 WIB. Data yang dikumpulkan berupa data geometrik, data volume lalu lintas dan data kecepatan setempat. Volume jam tertinggi yang didapat adalah sebesar 2608 smp/jam pada Senin pagi. Hasil analisis data menunjukkan kinerja jalan pada kondisi eksisting adalah 0,65 (LOS C). Selanjutnya dilakukan simulasi terhadap kondisi eksisting dan setelah dianggap model dapat mempresentasikan kondisi lapangan, maka dilakukan pemisahan terhadap kendaraan roda dua ke suatu lajur khusus dan hasil yang didapat berupa tingkat pelayanan pada lajur kendaraan biasa bernilai A (LOS A) dan tingkat pelayanan lajur khusus bernilai C (LOS C) dengan tingkat pelayanan rata-rata lajur bernilai B (LOS B).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS JALUR KHUSUS RODA DUA PADA RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SIMPANG BERSINYAL JAMBOTAPE (Yeni Anggraini AY, 2019)

PERANCANGAN LAJUR KHUSUS SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN VISSIM PADA JALAN T. NYAK ARIEF MENUJU JALAN TENGKU MOHD. DAUD BEUREUEH (Astara Nia Ananda, 2018)

PENGARUH LAJUR KHUSUS SEPEDA MOTOR PADA RUANG HENTI KHUSUS TERHADAP TINGKAT PELAYANAN SIMPANG BERSINYAL JAMBO TAPE DENGAN SIMULASI MENGGUNAKAN VISSIM (MUAMMAR FAHMI, 2019)

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN LINTAS BAWAH(UNDERPASS) SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH (CUT SABRINA UTAMI, 2017)

ESTIMASI SIMPANAN KARBON DIOKSIDA (CO2) PADA BIOMASSA POHON DI JALUR HIJAU JALAN KOTA BANDA ACEH (Munawaratul Makhya, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy