//

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Miftahul Jannah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jannah, Miftahul. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Segiempat Kelas VII SMP. (1) Drs. Bainuddin Yani S., M.S., M.Pd (2) Dra. Ellianti, M.Pd Kata Kunci : Problem Based Learning, Multimedia, Hasil Belajar Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini adalah rendahnya hasil belajar siswa SMP dalam pelajaran matematika. Hal ini dapat terjadi karena pemilihan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru belum sesuai dengan perkembangan zaman. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi pilihan pada zaman globalisasi saat ini karena dapat mengasah life skill yang dibutuhkan dari waktu ke waktu. Di zaman teknologi yang semakin canggih ini, guru juga dituntut agar dapat menggunakan teknologi ketika mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan multimedia terhadap hasil belajar siswa materi segiempat kelas VII SMP 8 Banda Aceh. Banyak sampel penelitian 39 siswa, 20 siswa kelas eksperimen dan 19 siswa kelas kontrol. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah soal pre-test dan soal post-test dalam bentuk soal essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Jenis desain eksperimen yang digunakan adalah true experimental design, control group pre-test post-test design. Hasil yang didapat dari penelitian sebagai berikut: (1) Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan multimedia lebih baik daripada peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan multimedia dapat mencapai KKM. Oleh karena itu, pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan multimedia dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru di sekolah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY CTSTS) PAD A MATERISEGIEMPAT DIKELAS VII SMP NEGERI1 DARUSSALAM TAHUN A JARAN 2015 (Nailul Umrati, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (SRI NOVIANI, 2013)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII MTSN MODEL BANDA ACEH (RIZKA, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Wiwik Sugiarti, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2012/2013 (Nilawati, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy