//

IDENTIFIKASI ZONA RAWAN LONGSOR DI KAWASAN GUNUNG PARO, ACEH BESAR MENGGUNAKAN METODE POLARISASI TERIMBAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD IKHSAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Investigasi bidang gelincir tanah longsor telah dilakukan di jalan Banda Aceh-Meulaboh tepatnya dikawasan Gunung Paro Km 34, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar dengan menggunakan metode polarisasi terimbas konfigurasi pole-dipole. Pengukuran nilai chargeabilitas bawah permukaan dilakukan pada lima lintasan pengukuran dengan menggunakan alat Terameter ABEM SAS 4000. Tiap lintasan pengukuran dibentang sepanjang 50 meter di daerah yang berpotensi rawan longsor menggunakan 21 elektroda dengan spasi 2,5 meter. Pengolahan data chargeabilitas dilakukan menggunakan software Res2dinv untuk mendapatkan gambaran litologi bawah permukaan pada lokasi penelitian. Hasil interpretasi menunjukkan bahwa pada lokasi penelitian terdeteksi beberapa litologi lapisan bawah permukaan yang terdiri dari pasir berlempung dengan nilai chargeabilitas 4-11 msec, lempung basah dengan nilai chargeabilitas 1-3 msec, dan gamping dengan nilai chargeabilitas 12-50 msec. Bidang gelincir didapat pada lintasan 2 sampai lintasan 5, masing-masing terletak pada lapisan pertama yaitu berupa batuan lempung pasiran dan lempung basah dengan nilai chargeabilitas rata-rata 0-15 msec. Bidang gelincir ini diidentifikasikan karena berada di atas lapisan yang banyak mengandung air sehingga mengakibatkan material yang berada diatasnya rentan terjatuh. Kata kunci : Bidang gelincir, polarisasi terimbas, pole-dipole dan chargeabilitas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENDUGAAN BIDANG GELINCIR DAERAH RAWAN LONGSOR DI KAWASAN GUNUNG PARO ACEH BESAR DENGAN METODE RESISITIVITAS (Yulinar Fajrina, 2018)

TINJAUAN KUAT GESER TANAH LONGSOR PADA RUAS JALAN BANDA ACEH - CALANG KM 33 (Alvi Mustaqiim, 2017)

IDENTIFIKASI ZONA BIDANG GELINCIR MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK DI GUNUNG PARO – ACEH BESAR (Fira Rizki Ramadhana, 2016)

IDENTIFIKASI POTENSI LONGSOR BERDASARKAN DATA POLARISASI TERIMBAS DI KAMPUNG PERSAHABATAN INDONESIA-TIONGKOK, DESA NEUHEN, ACEH BESAR (Muhammad Haikal, 2015)

ANALISA ZONA KAWASAN RAWAN LONGSOR DI KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Riza Wahyudi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy