//

MAKNA SIMBOLIS RAGAM HIAS TRADISIONAL PADA RUMAH ADAT KABUPATEN ACEH SELATAN DI PKA RATU SAFIATUDDIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M ANDIKA SAHPUTRA - Personal Name
SubjectHOUSES - ARCHITECTURE
TEXTILE INDUSTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK M. Andika Sahputra. 2018. Makna Simbolis Ragam Hias Tradisional Pada Rumah Adat Kabupaten Aceh Selatan di PKA Ratu Safiatuddin.Skripsi, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Dra. Fitriana, M.Si (2) Novita, S.Pd, MA Kata Kunci : Makna, Ragam Hias, Rumah Adat Aceh Selatan Makna yang terkandung didalam sebuah karya seni, baik itu berupa karya seni lukis, seni rupa maupun seni ukir merupakan pesan atau bahasa yang ingin disampaikan oleh seorang seniman kepada dunia, ragam hias merupakan suatu bentuk dasar yang menjadi pola yang digunakan berulang–ulang dalam sebuah karya seni ragam hias adalah semua bentuk dekorasi yang dipakai untuk menghias atau memperindah bidang, baik dalam bentuk dimensi berupa gambar hias dan anyaman, ukiran, maupun tiga dimensi yang berupa seni bangunan, rumah adat Aceh Selatan memiliki beraneka jenis ragam hias yang terdapat pada seluruh bangunan yang mana ragam hias ini merupakan perwakilan dari setiap suku dan budaya yang terdapat pada Aceh Selatan yang mana Kabupaten Aceh Selatan memiliki tiga suku yaitu suku Aceh, suku Aneuk Jamee dan suku Kluet. Penelitian yang berjudul Makna Simbolis Ragam Hias Tradisional Pada Rumah Adat Kabupaten Aceh Selatan di PKA Ratu Safiatuddin, bertujuan untuk mengidentifikasi ragam hias tradisional yang terdapat pada anjungan Aceh Selatan, mengetahui arti dari masing–masing ragam hias tradisional yang terdapat di anjungan Aceh Selatan, dan mengetahui tanggapan Dekranas Kabupaten Aceh Selatan terhadap bagian- bagian dan penempatan penggunaan ragam hias tradisional yang terdapat di rumah adat Taman Ratu Safiatuddin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat natularlistik, dengan memiliki enam subjek penelitian yang terdiri dari dua tokoh adat di Kecamatan Tapak Tuan dan Kecamatan Menggammat juga pengurus Dekranas Aceh Selatan dan tiga penjaga rumah adat Aceh Selatan di Taman Ratu Safiatuddin. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dukumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam hias yang terdapat pada rumah adat Aceh Selatan di Taman Ratu Safituddin memiliki makna simbolis yang memiliki nilai penting yang dapat diterapkan dalam keseharian baik dari suku dan kebudayaannya bagi kehidupan. Pada setiap ragam hias juga memiliki nasehat-nasehat yang baik untuk dipahami, hal ini juga harus diketahui oleh generasi penurus agar kedepannya para generasi mengetahui mengenai adat dan budaya mereka sendiri sehingga tetap terjaga dan tidak terlupakan oleh majunya zaman modern.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

NILAI SIMBOLIS PADA RAGAM HIAS PELAMINAN TRADISIONAL ACEH BESAR (Nazirah, 2016)

RAGAM HIAS DAN NILAI SIMBOLIS PADA PELAMINAN ADAT BENER MERIAH (Yulia Maulita Yr, 2018)

MAKNA MOTIF RAGAM HIAS PADA RUMAH TRADISIONAL ACEH DI MUSEUM ACEH (SITI MAULIN, 2019)

NILAI-NILAI SIMBOLIS PADA PELAMINAN TRADISIONAL DI KABUPATEN ACEH SELATAN (Susi Yanti, 2016)

RAGAM HIAS DAN NILAI SIMBOLIS PADA PAKAIAN PENGANTIN ADAT ACEH TENGAH (Supriana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy