//

PENGARUH KEBISINGAN SUARA TERHADAP PERILAKU ANTI-PREDATOR GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANISA SHABRINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Anisa Shabrina. 2018. Pengaruh Kebisingan Suara Terhadap Perilaku Anti-Predator Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Saree Kabupaten Aceh Besar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Abdullah, M.Si., (2) Dr. Khairil, M.Si Kata Kunci: Kebisingan Suara, Gajah Sumatera, Perilaku Anti-Predator. Meningkatnya aktivitas manusia di sekitar area hutan menimbulkan efek antropogenik berupa kebisingan suara terhadap satwa. Respon akibat kebisingan suara ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan penurunan perilaku serta berdampak pada komposisi spesies dan interaksi antar spesies. Gajah Sumatera merupakan satwa dengan status konservasi terancam punah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebisingan suara terhadap perilaku anti-predator Gajah Sumatera dan perbedaan respon perilaku tersebut berdasarkan perbedaan waktu pemberian kebisingan. Metode observasi dengan teknik focal animal sampling. Analisis data menggunakan uji Chi Square dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil pengujian Chi-Square diperoleh nilai sig. sebesar 0.000 atau lebih kecil dari 0.05, artinya terdapat pengaruh kebisingan suara terhadap perilaku anti-predator. Gajah Sumatera yang diamati juga terlihat lebih responsif pada kebisingan yang dibunyikan pada pagi hari. Kebisingan suara dapat mengganggu persepsi mangsa terhadap adanya predator dan berkorelasi dengan peningkatan penggunaan energi.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PREVALENSI NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE KABUPATEN ACEH BESAR (ZAKIYATURRIDHA, 2019)

KADAR HEMOGLOBIN DAN HEMATOKRIT GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE, ACEH BESAR (ayu andella agustina, 2016)

PEMERIKSAAN KEBERADAAN TELUR DAN LARVA NEMATODA PASCA PEMBERIAN ANTHELMINTIK PADA GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI CONSERVATION RESPONSE UNIT (CRU) SAMPOINIET ACEH JAYA (Syafriza Harlianda, 2017)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ENTERIK PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE ACEH BESAR (Fadli Amri, 2017)

PENANGANAN PAPILLOMA DENGAN METODE KAUTERISASI PADA GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS LAMPUNG (FERNANDO JOSE IMMANUEL CLINTON SITUMORANG, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy