//

PENGARUH KEDALAMAN POTONG TERHADAP KERATAAN DAN KEKASARAN PERMUKAAN PADA PROSES FACE DAN END MILLING MENGGUNAKAN MESIN CNC HEADMEN ZXK-32B

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Miftahul Jannah Ibr - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penilitian ini digunakan pada proses Face dan End Milling dengan memvariasikan kedalaman potong (a) yaitu : 0,1.0,2.0,3.0,4.0,5 (µm) menggunakan mesin CNC HEADMAN ZXK-32B. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedalaman potong terhadap kerataan dan kekasaran permukaan benda uji dari hasil proses Face dan End Milling pada baja karbon sedang. Analisa kerataan dan kekasaran permukaan menggunakan alat ukur Surftest SV-400 Mitutoyo dan Dial Indicator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kekasaran tertinggi pada Face Mill melintang dari arah pemotongan adalah 1,36 µm dengan kedalaman potong (0,3) dan nilai terendahnya adalah 1,09 µm dengan kedalaman potong (0,4). Nilai kekasaran tertinggi pada Face Mill searah pemotongan adalah 0,99 µm dengan kedalaman potong (0,3) dan nilai kekasaran terendahnya adalah 0,63 µm dengan kedalaman potong (0,2). Pada End Mill melintang terdapat nilai kekasaran tertinggi adalah 1,42 µm dengan kedalaman potong (0,1) dan nilai terendahnya adalah 0,64 µm dengan kedalaman potong (0,4). Nilai kekasaran permukaan tertinggi pada End Milling searah adalah 0,88 µm dengan kedalaman potong (0,3) serta nilai terendahnya adalah 0,53 µm dengan kedalam potong (0,4). Kecekungan tertinggi pada face Mill adalah 12 µm dan kecekungan terendah adalah -13 µm dengan kedalaman potong 0,1 µm, dan kecekungan tertinggi pada End milling ialah 11µm dengan kedalaman potong (0,3) dan nilai kecekungan terendahpada End Milling adalah -6 µm pada kedalaman potong (0,2). Hal ini dipengaruhi oleh panas dan getaran yang dihasilkan oleh mesin.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KECEPATAN PEMOTONGAN TERHADAP INTEGRITAS PERMUKAAN DENGAN PAHAT END MILL 4 SLOT PADA BAHAN ALUMINIUM (Teuku Miftah Faridl, 2015)

PENGARUH KECEPATAN MAKAN DAN KEDALAMAN POTONG TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN PADA MATERIAL BAJA KARBON SEDANG DENGAN PROSES MILLING MENGUNAKAN PROSES INTERPOLASI SIRKULASI (Muhammad Iqbal, 2018)

ANALISA KEKASARAN PERMUKAAN BENDA KERJA MATERIAL BAJA ST 60 MENGGUNAKAN PAHAT KARBIDA (Heru Prasetyo Harahap, 2019)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN PADA KEBULATAN DAN KEKASARAN BENDA KERJA HASIL PROSES CIRCULAR INTERPOLATION CUTTING PADA MESIN CNC MILLING HEADMAN ZXK-32B (Muhammad Lutfi, 2018)

PENGUJIAN KEKASARAN PERMUKAAN BENDA KERJA PADA PROSES HELICAL INTERPOLATION CUTTING MENGGUNAKAN MATA PAHAT ENDMILL KARBIDA 2 FLUTE PADA MESIN CNC HEADMAN ZXK-32B (Nuraden Firdaus, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy