//

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP IT LUQMANUL HAKIM KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Khalida - Personal Name
SubjectMOTIVATION
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Khalida, Cut. 2018. Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP IT Luqmanul Hakim Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Hasmunir, M.Si (2) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si Kata Kunci : hubungan, tingkat pendidikan orang tua, disiplin belajar, prestasi belajar IPS Terpadu Tingkat pendidikan orang tua dan disiplin belajar siswa berkaitan dengan prestasi belajar, hal ini disebabkan disiplin belajar dapat tumbuh dan dibina mulai dari lingkungan keluarga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan tingkat pendidikan orang tua dan disiplin belajar siswa dengan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP IT Luqmanul Hakim Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan orang tua dan disiplin belajar siswa dengan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP IT Luqmanul Hakim Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan koefisien korelasi ganda. Berdasarkan koefisien korelasi ganda diperoleh sebesar 0,88 pada kategori sangat kuat dengan koefisien determinasi r2 = 77%. Hasil uji signifikan juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung = 4,75 dan Ftabel = 3,34 pada taraf signifikansi (α) 5% dengan dkpembilang = 2 dan dkpenyebut = (31-2-1)=28 maka Fhitung >Ftabel sehingga Ha diterima. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif tingkat pendidikan orang tua dan disiplin belajar siswa dengan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP IT Luqmanul Hakim Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Putri Zuhra, 2013)

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKAMAKMUR ACEH BESAR (HERI ANDY, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH (Widia Merjia Rova, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS SISWA SMA N 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR (Zaini Fuza, 2014)

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS XI IPS PADA SMAN 1 INDRAPURI RNKABUPATEN ACEH BESAR (MAULINA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy