//

PERAN KELUARGA DALAM PENCEGAHAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS INGIN JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RENNY OCTAVIANI - Personal Name
SubjectSMOKING
FAMILY
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Masa remaja merupakan masa transisi, dimana remaja rentan mengalami masalah serta berperilaku resiko tinggi, seperti perilaku merokok. Perilaku merokok ini pada remaja terus meningkat disetiap tahunnya. Perilaku merokok juga dapat mengganggu proses belajar dan berdampak buruk bagi kesehatan remaja. Peran keluarga dalam pembentukan perilaku sangatlah dibutuhkan dalam masa remaja yang dikenal sebagai masa yang penuh kesukaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran keluarga dalam pencegahan perilaku merokok pada remaja. Jenis penelitian yang digunakan adalah descriptive explorative. Populasi pada penelitian ini adalah keluarga yang memiliki anak usia remaja di Desa Siron di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Ingin Jaya. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling menggunakan metode total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 63 responden. Hasil penelitian didapatkan bahwa peran peran keluarga dalam pencegahan perilaku merokok pada remaja berada pada kategori kurang (52,4%), peran keluarga sebagai pendidik berada pada kategori kurang (63,5%), peran keluarga sebagai pendorong berada pada kategori kurang (50,8%) dan peran keluarga sebagai panutan berada pada kategori baik (61,9%), peran keluarga sebagai teman berada pada kategori baik (55,6%), peran keluarga sebagai pengawas berada pada kategori baik (50,8%) dan peran keluarga sebagai konselor berada pada kategori baik (58,9%). Diharapkan kepada petugas Puskesmas Kecamatan Ingin Jaya agar dapat meningkatkan program promosi kesehatan dan melakukan skrining ke sekolah-sekolah di wilayah kerja Puskesmas Ingin Jaya. Kata Kunci : Perilaku merokok, remaja, peran keluarga Daftar Bacaan : 32 buku, 6 jurnal, 8 sumber online, 5 Skripsi (2011-2016)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PERILAKU LANJUT USIA DALAM UPAYA PENCEGAHAN DEPRESI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS INGIN JAYA ACEH BESAR TAHUN 2014 (Lina Maulidia, 2014)

DUKUNGAN KELUARGA TENTAN PENCEGAHAN MEROKOK PADA REMAJA LAKI-LAKI DI KOTA BANDA ACEH (Siti Rahmawati, 2015)

PERILAKU MEROKOK DIKALANGAN REMAJA LAKI-LAKI DI KOTA BANDA ACEH ( STUDI PENELITIAN DI SMK 2 KOTA BANDA ACEH ) (Renggalita Fadllun, 2015)

ANALISIS FAKTOR KELUARGA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN ACEH BESAR (NURUL SEPTIANA, 2016)

HUBUNGAN HEALTH LOCUS OF CONTROL DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA (Naila Iffah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy