//

PERANCANGAN WEARABLE CHAIR UNTUK DOKTER BEDAH DENGAN DATA ANTROPOMETRI (STUDI KASUS: RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYIFA RIZKA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Postur kerja yang baik adalah suatu keadaan ketika melakukan suatu pekerjaan agar terhindar dari resiko cedera dan mengurangi tingkat kelelahan. Apabila tingkat kelelahan tinggi, maka dapat menimbulkan gangguan muskuloskeletal dan menurunnya konsentrasi. Salah satu pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi yang baik adalah dokter bedah, dimana RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh memiliki jumlah dokter bedah yang terbatas yaitu sebanyak 21 orang. Sehingga perlu adanya rancangan alat yang dapat mengurangi munculnya kelelahan bekerja saat berdiri yang disebut dengan wearable chair. Di dalam penelitian ini menggunakan metode antropometri yang mengukur lima dimensi yaitu tebal paha, panjang lutut, panjang popliteal, tinggi lutut, dan tinggi popliteal, serta bantuan perangkat lunak Computer Aided Design (CAD) untuk melakukan perancangan wearable chair. Hasil akhir yang diperoleh berupa desain yang dapat mengikuti bentuk kaki, namun tetap terjaga walaupun pengguna menggunakan pada keadaan berdiri dengan waktu yang lama, dan berfungsi melakukan gerakan, seperti berjalan ataupun menekukkan kaki sesuai dengan tiga jenis ukuran yaitu small (S), medium (M), dan large (L). Kata kunci: Antropometri, Dokter Bedah, Gangguan Muskuloskeletal, Postur, Wearable Chair.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH STRES TRAUMA KERJA TERHADAP GANGGUAN STRES PASCA TRAUMA DAN BURNOUT DENGAN COPING HUMOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA DOKTER MUDA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MERY KURNIATI, 2016)

TINGKAT KEPUASAN KERJA DOKTER GIGI YANG BERTUGAS DI POLIKLINIK GIGI RUMAH SAKIT PEMERINTAH DI BANDA ACEH TAHUN 2015 (Lot Rahmat, 2016)

PENGARUH TINGKAT KEJENUHAN KERJA SHIFT MALAM TERHADAP TINGKAT KEKEBALAN STRES DOKTER MUDA YANG MENJALANI KEPANITERAAN KLINIK SENIOR DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Muhammad Aulia Kurniawan, 2014)

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (anggia geubrina, 2015)

DISTRIBUSI FREKUENSI JENIS PERAWATAN PENYAKIT GIGI DAN MULUT PADA PRAKTIK PERORANGAN DOKTER GIGI DI KOTA BANDA ACEH APRIL 2012 (Rizkan Permana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy