//

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI PADA SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Febri Wanti Ramadhani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Wanti Ramadhani, Febri. 2013. Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi (studi pada SMA Negeri 1 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar). Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Pembimbing (1) Drs. Zakaria, M.Ed. (2) Nana Suraiya, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Media Permainan ular tangga, hasil belajar. Permainan ular tangga merupakan media visual dan merupakan permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh dua orang atau lebih. Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 1 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar menunjukkan bahwa guru ekonomi dalam proses pembelajaran di kelas guru jarang menggunakan media p embelajaran dan lebih sering menggunakan metode ceramah, sehingga membuat bosan setiap kegiatan belajar mengajar dan berdampak kurangnya pemahaman siswa akan materi yang diajarkan sehingga penelitian ini berjudul Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi (studi pada SMA Negeri 1 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penggunaan media permainan ular tangga, untuk mengetahui apakah penggunaan media permainan ular tangga dalam mata pelajaran ekonomi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media permainan ular tangga dalam mata pelajaran ekonomi (studi pada SMA Negeri 1 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Dalam penelitian ini terdapat sampel sebanyak 22 siswa, dari kelas eksperimen. Data diperoleh melalui angket yang diberikan pada siswa kelas eksperimen. Data diperoleh melalui postets dan pretest diberikan pada siswa kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Berdasarkan perhitungan, diperoleh hasil untuk adalah 2.43 . ternyata di dalam tabel nilai dari d.b = 42 pada taraf signifikan 5% (0.05) diperoleh nilai sebesar 2.0108 , dari hasil penelitian diperoleh lebih besar dari pada (2.43 > 2.0181 ), maka ditolak, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar siswa yang dikelas eksperimen 90,22 hasil belajar siswa dikelas kontrol 75 sehingga media permainan ular tangga memberikan kontribusi sebesar >76% yang berarti efektif terhadap hasil belajar siswa ekonomi pada SMA Negeri 1 Ingin Jaya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (YANTI MUHARRAMI , 2016)

PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KELAS X SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (Ria Afriza, 2017)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA DAN ENGKLEK GEMPA BUMI TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN SISWA MIN RUKOH BANDA ACEH (BUDIMAN, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (IRNA MAULIDAR, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD MENGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IS MAN DARUL ULUM KOTA BANDA ACEH (Arif Rachman, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy