//

KELAYAKAN EKONOMI PENANGANAN KONSTRUKSI BAHU JALAN BERDASARKAN JENIS KERUSAKAN AKIBAT EROSI (STUDI KASUS JALAN BTS. KOTA TAKENGON - UWAK)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Usman - Personal Name
SubjectROAD MAINTENANCE
ROADS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

KELAYAKAN PENANGANAN KONSTRUKSI BAHU JALAN BERDASARKAN JENIS KERUSAKAN AKIBAT EROSI (Studi Kasus Jalan Batas Kota Takengon - Uwak) Oleh: Usman NIM: 1309200060108 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Ir. Sofyan M. Saleh, M.Sc. Eng,IPM 2. Dr. Ir. Yuhanis Yunus, MT ABSTRAK Kondisi topografi daerah pergunungan mempengaruhi terhadap kemiringan memanjang jalan sehingga pada musim hujan, air mengalir searah badan dan bahu jalan dengan cepat disebabkan oleh kemiringan memanjang yang lebih besar dari pada kemiringan melintang. Penelitian ini berlokasi pada ruas Jalan batas Kota Takengon - Uwak. Manfaat penelitian ini adalah mengetahui jenis konstruksi bahu jalan yang layak untuk investasi berdasarkan kelayakan aspek finansial dengan memperhatikan Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR). Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait. Metode penelitian menggunakan indikator ekonomi dengan 2 skenario yaitu : 1. Perbaikan jalan dengan tidak melakukan penanganan/existing (Do Nothing), 2. Perbaikan jalan. Dari hasil perhitungan diperoleh harga pembangunan dan pemeliharaaan untuk masing-masing konstruksi bahu jalan yaitu Bahu menggunakan Material Kelas B dengan biaya Rp. 5.493.388.958, bahu jalan material kelas B dengan Geocel adalah Rp. 4.946.201.289,00. Dan konstruksi bahu jalan menggunakan beton adalah Rp. 6.162.438.275,00. Penghematan BOK yang dihasilkan adalah Rp. 23.006,00 Rp/Kend. Hasil analisis ekonomi yang dilakukan untuk ketiga jenis konstruksi dengan metode Net Present Value (NVP) menghasilkan Konstruksi Jalan dengan Bahu Menggunakan Material Kelas B dan Geocell adalah alternatif terbaik untuk melakukan investasi karena menghasilkan Nilai NPV terbesar yaitu NPV = Rp 1.808.869.588,00. nilai BCR tertinggi yaitu BCR = 1,49, dengan nilai IRR yaitu IRR = 14,855%. Kata kunci: Investasi, evaluasi, aspek Teknis, aspek finansial FEASIBILITY OF CONSTRUCTION HANDLING SHOULDER BY ROAD ON THE TYPE OF DAMAGE OF EROSION (CASE STUDY OF ROAD OF TAKENGON BORDER - UWAK) Usman a,b, Sofyan M. Saleh c, Yuhanis Yunus d b Aceh Regional Office of Public Works and Spatial Planning a,c,d Study Program of Master of Civil Engineering, Syiah Kuala University, Darussalam, Banda Aceh 23111, Indonesia. Email: Rubbayie@gmail.com ABSTRACT The topographic condition of the mountains affects against the longitudinal slope so that during the rainy season, the water flowing along the body and the shoulder of the road is quickly caused by a longer elongated slope than the transverse slope. The research is located in Takengon - Uwak City boundary section. The benefit of this research is to figure out the proper type of road construction for investment based on financial feasibility with respect to Vehicle Operational Cost (VOC), Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV), and Internal Rate of Return (IRR). The data used in this study was secondary data obtained from related institutions. The research method used in this research was economic indicators with two scenarios, that is; 1. Road improvement with no handling/ existing (Do Nothing), and 2. Road improvement. From the calculation results, it was obtained the price of construction and maintenance for each shoulder of the road construction, that is, the shoulder using Material Class B was IDR 5.493.388.958, the material class B shoulder with Geocel IDR. 4.946.201.289, and road construction using concrete IDR. 6.162.438.275. The saving of BOK produced was IDR. 23,006, -. The results of the economic analysis performed for the three types of construction with the Net Present Value (NVP) method resulted in Road Construction by Shoulder Using Materials Class B and Geocell is the best alternative to make an investment because it produces the largest NPV Value, that is, NPV=IDR 1,808,869,588,00. The highest BCR value is BCR = 1.49, with IRR value = 14.855% Keywords: Investment, evaluation, technical aspects, financial aspects Abstrak ini diterjemahkan di UPT Bahasa Universitas Syiah Kuala pada tanggal 7 Mei 2018. (Mahlil, S.Pd., M.A) Penerjemah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI EVALUASI KERUSAKAN JALAN YANG MENGKOMBINASIKAN NILAI SURFACE DISTRESS INDEX (SDI) DENGAN NILAI INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) UNTUKRN MENUNJANG PENGAMBILAN KEPUTUSANRN(STUDI KASUS : JALAN NASIONAL RUAS CALANG - TEUNOM KM.150 S/D KM.157) (eka minarti, 2014)

ANALISIS PENGARUH PENERAPAN KONSEP GREEN ROADS TERHADAP MANAJEMEN LIMBAH PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH (FAJRI PUTRA UTAMA, 2018)

STUDI EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN PERMUKAAN JALAN UNTUK MENENTUKAN JENIS PENANGANAN DENGAN SISTEM PENILAIAN MENURUT BINA MARGA (STUDI KASUS : RUAS JALAN BIREUEN – TAKENGON) (ICHSAN, 2014)

EVALUASI KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) SERTA ALTERNATIF PENANGANANNYA (STUDI KASUS RUAS JALAN BEUREUNUEN – BATAS KEUMALA) (YUSWARDI RAMLI, 2017)

ANALISIS EKONOMI PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR KOTA LHOKSEUMAWE (STUDI KASUS JALAN LINGKAR KOTA LHOKSEUMAWE) (Rijalul Qadri BS, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy