//

HUBUNGAN POLIFARMASI, INFORMASI DAN KEMASAN OBAT TERHADAP KEPATUHAN RNMINUM OBAT PADA LANJUT USIA RNDENGAN HIPERTENSI DI RUMAH RNSAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Harmawansyah - Personal Name
SubjectHYPERTENSION - MEDICINE
ELDERLY PERSONS

Abstrak/Catatan

Hipertensi masih menjadi masalah kesehatan utama pada lanjut usia saat ini, 50% pasien yang diresepkan obat antihipertensi tidak minum obat sesuai anjuran tenaga kesehatan. Banyak faktor yang mempengaruhi kepatuhan minum obat pada lanjut usia diantaranya polifarmasi, informasi, kemasan obat dan lain – lain. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan polifarmasi, informasi dan kemasan obat terhadap kepatuhan minum obat pada lanjut usia dengan hipertensi di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik dengan desain cross sectional. Populasi adalah seluruh lanjut usia dengan hipertensi yang datang ke Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh pada bulan Januari 2014. Pengambilan sampel secara quota sampling sebanyak 40 responden. Data dianalisis menggunakan uji chi square dengan confidence interval 95% dan  0,05. Hasil pada penilitian ini menunjukkan bahwa dari seluruh responden, 22 responden (55,5%) memiliki kepatuhan sedang dan 18 responden (45%) kepatuhan rendah. Berdasarkan uji chi square didapatkan nilai p = 0,013 pada polifarmasi, p = 0,014 pada informasi dan p = 0,266 pada kemasan obat. Terdapat hubungan yang signifikan antara polifarmasi (p = 0,013) dan informasi (p = 0,014) terhadap kepatuhan minum obat dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemasan obat (p = 0,266) terhadap kepatuhan minum obat pada lanjut usia dengan hipertensi di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Kata kunci: kepatuhan minum obat, polifarmasi, informasi, kemasan obat

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN POLIFARMASI DENGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN GAGAL JANTUNG DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Muharrir, 2016)

HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH (KHAIRUL MUSTAFA, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KESTABILAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLI JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Halbar August Kanda, 2014)

HUBUNGAN POLIFARMASI DENGAN POTENSI INTERAKSI OBAT PADA PASIEN GERIATRI DI RUANG RAWAT INAP PENAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Muhammad Najib Fajar Fawaid, 2017)

EVALUASI MANAJEMEN NYERI PASCA-OPERASI PADA PASIEN GERIATRI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (RSUDZA) BANDA ACEH (AIDA APRIANI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy