//

PENGARUH PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP TERBENTUKNYA PERMUKIMAN KUMUH (STUDI KASUS : DESA ALUE NAGA, KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AULIA RAHMAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENGARUH PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP TERBENTUKNYA PERMUKIMAN KUMUH (STUDI KASUS : DESA ALUE NAGA, KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH) Nama : Aulia Rahmah NIM : 1404104010098 ABSTRAK Kota Banda Aceh saat ini sedang berbenah diri dalam berbagai aspek perkotaan agar menjadi kota yang lebih baik. Hal ini terkait dengan inisiasi pemerintah pusat untuk meminimalkan tingkat kekumuhan di Indonesia dengan program ‘kotaku’ yaitu kota tanpa kumuh. Permukiman kumuh merupakan masalah yang dihadapi oleh kota Banda Aceh. Terdapat beberapa kawasan kumuh yang menjadi prioritas yaitu Alue Naga, Lampulo, Seutui, Peuniti, dan Lueng Bata. Desa Alue Naga merupakan kawasan permukiman yang seharusnya bebas dari kumuh dikarenakan kawasan ini mempunyai keindahan alam yang menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata bahari. Dikatakan kumuh, sebab masih memiliki masalah dengan tata ruang, sampah, dan air bersih. Hal tersebut juga didukung oleh perilaku masyarakat yang berpenghasilan rendah dan tidak tetap, atau berproduksi subsisten yang hidup dibawah garis kemiskinan. Perilaku tersebut menciptakan gaya hidup yang tidak peduli lingkungan sehingga menimbulkan masalah- masalah dalam lingkungan permukiman. Untuk itu perlu dilakukan penelitian yang mendalam untuk mengetahui perilaku masyarakat yang menyebabkan kekumuhan di desa Alue Naga. Penelitian ini tidak hanya melihat perilaku masyarakat, tetapi juga melihat sebab akibat dari perilaku tersebut, dalam hal ini yang dimaksud adalah kondisi masyarakat ditinjau dari aspek sosial, ekonomi, dan budaya, serta kemungkinan penyelesaian masalahnya. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods dengan menggabungkan dua bentuk pendekatan dalam penelitian, yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku masyarakat berpengaruh terhadap kekumuhan lingkungan hidup. Perilaku-perilaku tersebut terbentuk karena adanya teori dorongan (drive theory), kebiasaan (conditioning) dan dengan menggunakan model. Kata Kunci : Permukiman, Kumuh, Perilaku, Desa Alue Naga

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERMUKIMAN NELAYAN DESA ALUE NAGA BANDA ACEH (Khairul Ikhsan, 2017)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA NELAYAN DI DESA ALUE NAGA KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Reza Kurniaty, 2015)

EVALUASI TINGKAT KEKUMUHAN DAN PENANGANAN PADA PERMUKIMAN DESA BALE ATU KECAMATAN LUT TAWAR KABUPATEN ACEH TENGAH (ARIE JULIANDA, 2019)

PENGARUH KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI GEMPA DAN TSUNAMI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MASYARAKAT DI DESA ALUE NAGA KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (ika mawarni, 2016)

BIVALVIA DI PERAIRAN ALUE NAGAN KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (nurfitri, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy