//

KESIAPAN PERAWAT PELAKSANA MENUJU PENERAPAN INTERNATIONAL PATIENT SAFETY GOAL DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD AIDIL FIKRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

International Patient Safety Goal adalah salah satu standar yang berada di dalam akreditasi Joint Commission International yang bertujuan untuk membuat asuhan keperawatan yang dilakukan di Rumah Sakit khususnya ruang inap menjadi lebih aman. Kesiapan adalah suatu titik kematangan untuk menerima dan mempraktekkan tingkah laku tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesiapan perawat pelaksana menuju penerapan IPSG di ruang rawat inap Rumah sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Desain penelitian adalah deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified proportional random sampling dari populasi yang berjumlah 237 perawat sehingga di dapatkan sampel sebanyak 92 perawat. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 25 Mei sampai 30 Mei 2018. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk skala likert dengan skala ukur ordinal yang terdiri dari 19 item pertanyaan. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara pengisian kuesioner. Hasil penelitian diperoleh gambaran kesiapan perawat pelaksana menuju penerapan IPSG di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh berada pada tingkat kesiapan tinggi (92,4%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan kepada komisi keselamatan pasien RSUD Zainoel Abidin terus memantau dan mengembangkan kemampuan perawat akan keselamatan pasien sehingga dapat memberikan pelayanan kesehahatan yang berfokus pada keselamatan pasien.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN UPAYA PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINBANDA ACEH TAHUN 2014 (Fittri Yanti, 2014)

HUBUNGAN MOTIVASI EKSTERNAL PERAWAT DENGAN PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ANNISA RENGGAYUNI, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PATIENT SAFETY DENGAN MEDICATION ADMINISTRATION ERRORS DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Putri Indah Mentari, 2016)

HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA RUANG DENGAN PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (DELVINA JULITA, 2016)

GAMBARAN PENERAPAN PATIENT SAFETY DALAM PEMBERIAN OBAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Sajida, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy