//

EVALUASI KINERJA EKSISTING DAN PENGEMBANGAN BANGUNAN TERMINAL PENUMPANG DOMESTIK BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nisaul Jannah - Personal Name
SubjectLOCAL TRANSIT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda memiliki peranan dan fungsi penting dalam prasarana transportasi udara di Provinsi Aceh. Terminal penumpang merupakan salah satu komponen utama dalam sistem bandar udara karena terminal penumpang merupakan tempat berlangsungnya seluruh kegiatan penumpang. Kinerja terminal penumpang ini perlu dievaluasi secara berkala untuk mengantispiasi kenaikan atau pertambahan jumlah masyarakat yang menggunakan pesawat terbang sebagai salah satu moda transportasi. Oleh karena itu, kerb keberangkatan, check-in area, check-in counter, pemeriksaan security (x-ray), gate hold room dan ruang tunggu keberangkatan domestik yang merupakan bagian dari terminal tersebut perlu dievaluasi kinerjanya dari waktu ke waktu berdasarkan kondisi eksisting yang dibandingkan dengan peraturan-peraturan bandara saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebutuhan dan tingkat pelayananan fasilitas-fasilitas di bangunan terminal tersebut. Metode yang digunakan berdasarkan International Air Transport Association (IATA) dan International Civil Aviation Organization (ICAO) yang menjadi acuan normatif dari Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: SKEP/77/VI/2005 tentang Persyaratan Teknis Pengoperasian Fasilitas Teknik Bandar Udara dan SNI 03-7046 -2004. Data dalam kajian ini meliputi service time di check-in counter, jumlah penumpang di kerb keberangkatan, pemeriksaan security (x-ray), check-in area, gate hold room dan ruang tunggu keberangkatan domestik. Peramalan jumlah penumpang menggunakan metode time series sampai sepuluh tahun ke depan (tahun 2027). Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa kapasitas fasilitas eksisting di bagian kerb keberangkatan, pemeriksaan security (x-ray), check-in area, check-in counter, gate hold room dan ruang tunggu keberangkatan penumpang domestik masih memenuhi standar. Selain itu, diperoleh tingkat pelayanan (Level of Service) fasilitas check-in area pada tahun 2022 dan 2027 yaitu berada pada kategori A, ruang tunggu keberangkatan nilai LOSnya berada pada kategori E (2022) dan F (2027), dan gate hold room berada pada kategori F yaitu sudah tidak memenuhi standar atau tidak dapat diterima sejak tahun 2018.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REDESAIN TERMINAL PENUMPANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA TEMA : STRUKTUR SEBAGAI ELEMEN ESTETIS (Shaivan Nur, 2017)

EVALUASI KINERJA EKSISTING DAN PENGEMBANGAN BANGUNAN TERMINAL PENUMPANG DOMESTIK BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA ACEH BESAR (Nisaul Jannah, 2018)

STUDI PENGEMBANGAN CURBSIDE DAN PARKIR KENDARAAN DI BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA (Muhammad Haikal, 2018)

PENGARUH BERBAGI PENGETAHUAN DIANTARA REKAN KERJA TERHADAP KINERJA TUGAS DENGAN EFIKASI DIRI DAN ABUSIVE SUPERVISION PADA PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) BANDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA (Siti Safura, 2017)

PERAMALAN JUMLAH PENUMPANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA DENGAN METODE HOLT'S EXPONENTIAL SMOOTHING DAN WINTER'S EXPONENTIAL SMOOTHING (Maulina Oktaviana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy