//

ANALISIS BAKTERIOLOGI SUSU KAMBING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Ridho - Personal Name
SubjectGOAT'S MILK
BACTERIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Susu Kambing, E. coli, Perhitungan Jumlah Bakteri. Penelitian berjudul Analisis Bakteriologi Susu Kambing telah dilakukan sejak tanggal 1 Juni sampai dengan 30 Juni 2013 di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Unsyiah Kuala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya kontaminasi E. coli dan menghitung jumlah koloni bakteri pada susu segar, susu pasteurisasi dan susu kemasan. Sampel penelitian adalah susu segar, susu pasteurisasi dan susu kemasan yang diambil di peternakan kambing perah Lamnyong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian adalah ekperimen. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode MPN (Most Probable Number) untuk mengetahui kontaminasi E. coli pada sempel dan metode TPC (Total Plate Count) digunakan menghitung jumlah bakteri pada sampel. Hasil penelitian menunjukkan adanya kontaminasi bakteri E. coli pada susu pasteurisasi berkisar antara 2.2-240/100 ml sampel dan pada susu kemasan berkisar antara 5-240/100 ml sampel. Sedangkan pada susu segar tidak terkontaminasi bakteri E. coli. Pada media EMB agar bakteri E. coli terlihat berwarna merah mengkilat (metallic sheen). Pada pemeriksaan jumlah koloni bakteri menggunakan metode TPC diketahui susu segar 300x102 CFU/ml, susu kemasan 300x102 CFU/ml dan susu pasteurisasi 193x102 CFU/ml.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI DAN KARAKTERISASI SERTA UJI ANTIMIKROBA BAKTERI ASAM LAKTAT DARI FERMENTASI SUSU KAMBING PERANAKAN ETAWA (Suri Raihan Safriani, 2016)

EVALUASI ORGANOLEPTIK SUSU KAMBING FERMENTASI DENGAN PENAMBAHAN BUAH JAMBU BIJI MERAH (dara meutia, 2014)

ANALISIS BAKTERIOLOGI SUSU KAMBING (Muhammad Ridho, 2014)

SKRIPSI (MUZAMMIL HUDA, 2014)

PENENTUAN WAKTU DETEKSI LUTEINIZING HORMONE (LH) SURGE MENGGUNAKAN KIT LH AIR SUSU PADA KAMBING PERANAKAN ETAWAH (CAPRA SP.) (ISTARHAM PRIMA, S. KH, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy