//

EFEKTIVITAS PROGRAM LIVELIHOOD TERHADAP NELAYAN RNBUDIDAYA DI DESA LAMNGA KECAMATAN MESJID RAYA RNKABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aprianty - Personal Name
SubjectAGRICULTURAL-ECONOMIC ASPECTS
LIVELIHOOD
FISHERMEN
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

EFEKTIVITAS PROGRAM LIVELIHOOD TERHADAP NELAYAN BUDIDAYA DI DESA LAMNGA KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh : Aprianty/ Agribisnis Unsyiah ABSTRAK Peristiwa tsunami pada Desember 2004 telah menyebabkan ribuanhektar budidaya air payau (tambak) produktif hilang dalam hitungan menit. Berbagai aktivitas peningkatan mata pencaharian (Livelihood) dibidang perikananan budidaya telah banyak dilakukan. Penelitian ini dilakukan di Desa Lamnga Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Metode Analisis data menggunakan metode statistik sederhana dan statistik uji-t berpasangan (paired t-test). Hasil penelitian bahwa efektivitas program livelihoodadalah sebesar 47,78%, yang artinya program tersebut tidak efektif dilihat dari segi ketepatan sasaran, ketepatan jumlah dan ketepatan waktu pemberian bantuan. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas program Livelihoodadalah ketidaktepatan sasaran, ketidaktepatan jumlah bantuan, dan ketidaktepatan waktu penyaluran bantuan dan faktor lain seperti bantuan yang diberikan berbasis kebutuhan, proses birokrasi yang terlalu lama, jumlah bantuan tidak sesuai dengan kebutuhan, perilaku nelayan yang menganggap bantuan sebagai proyek dan tidak adanya pertanggung jawaban dari bantuan yang telah diterima. Pendapatan nelayan budidaya sebelum adanya program adalah sebesar Rp. 1.888.333/bulandan setelah adanya program menjadi Rp 1.448.333/bulan. Hasil dari uji-t berpasangan diperoleh hasil bahwa nilai t. hitung (-0,98) < t. tabel (-1,69) yang artinya tidak terdapat perbedaan/tidak adanya peningkatan terhadap pendapatan nelayan budidaya setelah adanya program livelihood. Kata Kunci: Efektivitas, program livelihood, Lamnga, nelayan budidaya

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REAKSI NELAYAN TERHADAP KENAIKAN HARGA BBM (STUDI KASUS PADA NELAYAN PEMILIK BOAT KECIL DI GAMPONG MEUNASAH KEUDE KECAMATAN MESJID RAYA ACEH BESAR) (Cut Tizubaidah, 2016)

ANALISIS KEMISKINAN NELAYAN KECIL DI DESA LAMBADA LHOK KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (DELVINA SARI, 2016)

PROSPEK USAHA PEMBIBITAN TANAMAN MANGROVE DI DESA LAMNGA KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Hafiza Razita Kamisna, 2015)

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MASYARAKAT NELAYAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN TERI DI GAMPONG KRUENG RAYA KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Maulida, 2015)

KONDISI SOSIAL EKONOMI NELAYAN TRADISIONAL DI KECAMATAN MESJID RAYA ACEH BESAR PASCA BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS PEMUKIMAN LAMNGA) (M. RIZA PAHLEVI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy