//

EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MULTIMEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA DI MTSN 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nika Meldian - Personal Name
SubjectCOMPUTER PROGRAMS
EDUCATIONAL MEDIA - COMPUTER APPLICATIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Meldian, Nika. 2018. Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Berbasis Macromedia Flash Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Di MTsN 4 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dr. Alamsyah Taher, M.Si., (2) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, ips terpadu, macromedia flash Media pembelajaran Macromedia Flash adalah suatu perangkat lunak komputer (software) yang merupakan produk keunggulan Adobe Systems. Dengan menggunakan Macromedia Flash media pembelajaran lebih menarik yang mendorong hasil belajar siswa, konsep pembelajaran dengan teknologi audiovisual yang mampu menghasilkan fitur-fitur baru yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pemanfaatan multimedia berbasis Macromedia Flash efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa di MTsN 4 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini apakah pemanfaatan multimedia berbasis Macromedia Flash efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa di MTsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 64 orang siswa. Sampel penelitian adalah kelas eksperimen I yang menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash berjumlah 34 orang dan kelas eksperimen II menggunakan media Powerpoint berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data berupa pemberian test kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = 2,53 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 34 – 30 = 2, artinya thitung > ttabel sehingga hipotesis alternatif Ha diterima. Artinya pemanfaatan multimedia berbasis Macromedia Flash efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa di MTsN 4 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Nurhidayati, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER-ASSISTED INSTRUCTION(CAI) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI TRANSFORMASI KELAS VIII (Teuku Irfan, 2017)

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI HUKUM LAVOISIER KELAS X MIPA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Evi Tri Octari, 2015)

PENGEMBANGAN MACROMEDIA FLASH SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA MATERI REDOKS SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Wizarah, 2015)

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MIKROSKOPIK KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA PADA SISWA SMA NEGERI 13 BANDA ACEH (Syuhada Annisa, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy