//

HUBUNGAN PENGETAHUAN, FAKTOR PELAYANAN KESEHATAN DAN PMO DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PASIEN TB PARU DI PUSKESMAS SAKTI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fachrul Razi - Personal Name
SubjectPULMONARY TUBERCULOSIS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit kronik yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis yang termasuk sebagai penyakit infeksi kronis. Mycobacterium tuberculosis ini disebarkan melalui droplet nuklei yang dihasilkan oleh batuk, bersin, berbicara, atau bernyanyi seseorang dengan TB paru. Pengobatan TB paru memerlukan waktu selama 6-8 bulan sehingga diperlukan kepatuhan dari pasien dalam menjalani pengobatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan, faktor pelayanan kesehatan (penyuluhan kesehatan, ketersediaan OAT, sikap petugas medis) dan PMO dengan tingkat kepatuhan berobat pasien TB paru. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional yaitu varibael-variabel yang dinilai diukur melalui wawancara dengan menggunakan kuisioner. Sampel pada penelitian ini adalah pasien TB paru yang berobat di Puskesmas Sakti yaitu sebanyak 34 orang. Hasil dari uji Chi Square menunjukkan terdapat hubungan pengetahuan (p value 0,017), penyuluhan kesehatan (p value 0,048), sikap petugas medis (p value 0,007) dan PMO (p value 0,022) dengan tingkat kepatuhan berobat pasien TB paru. Ketersediaan OAT tidak bisa dinilai hubungannya dengan tingkat kepatuhan berobat karena semua responden (100%) menyatakan OAT tersedia di Puskesmas Sakti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan pengetahuan, penyuluhan kesehatan, sikap petugas medis dan PMO dengan tingkat kepatuhan berobat. Kata kunci: TB, Pengetahuan, Faktor Pelayanan Kesehatan, PMO, Tingkat Kepatuhan Berobat

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN, FAKTOR PELAYANAN KESEHATAN DAN PENGAWAS MENELAN OBAT DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DI PUSKESMAS SAKTI (Fachrul Razi, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PENYULUHAN DENGAN KEPATUHAN MINUM OAT PADA PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DI POLIKLINIK DOTS BLUD RSUDZA BANDA ACEH (Pocut Slanga , 2015)

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS (OAT) DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI BAGIAN/SMF PULMONOLOGI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (melianty iriany, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TERHADAP KEPATUHAN BEROBAT PADA TB ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nurul Maulina Rahmi, 2015)

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPATUHAN BEROBAT PASIEN HIPERTENSI DIRNPUSKESMAS BATOH KECAMATAN LHUENG BATA BANDA ACEH (Syifa Munawarah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy